Luar Biasa, Warga KLU Bersama Laskar Sasak Bersiap Jadi Jutawan Dengan Menyulap Lahan Tandus Bertani Pisang Cavendish

KLU, GL_ Warga Desa Rempek, kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara (KLU) provinsi NTB bersama Kelompok Pamswakarsa Laskar Sasak membuat terobosan baru dengan menyulap lahan tandus menjadi lebih produktif melalui budidaya tanaman pisang Cavendish. Pisang dengan varietas yang digemari masyarakat dalam negeri dan mancanegara ini diketahui memiliki nilai ekonomis tinggi.

Bahkan budidaya buah yang banyak dijumpai di pasar-pasar modern ini cukup mudah dalam proses perawatannya. Dalam beragam uji coba di sejumlah daerah di Indonesia, masyarakat petani yang menanam pohon pisang Cavendish ini rata-rata berhasil menjadi jutawan bahkan Miliuner berkat keseriusan dan ketekunannya.

Dalam launching dan grand opening perkebunan pisang Cavendish di Desa Rempek, Minggu (23/10/2022), mengangkat tema agro mitra, agro bisnis, agrowisata, agro culture Perkebunan Pisang Cavendish 58 hektare. Dalam pelaksanaannya, program perkebunan pisang Cavendish di KLU ini akan berbasis kemitraan bersama masyarakat dan pelaku bisnis, serta akan menjadi agrowisata berbasis budaya sehingga masyarakat luar bisa berkunjung sekaligus menikmati objek wisata berbasis Pertanian dan perkebunan serta budaya.

Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi contoh daerah lain dan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat. Untuk tahap awal, perkebunan pisang Cavendish di Desa Rempek ini akan diuji coba pada lahan seluas 58 hektare.

Dewan pendiri Laskar Sasak sekaligus Wakil Ketua Umum, Lalu Muhammad Ali Sadikin, kepada Wartawan mengatakan, dipilihnya jenis komoditi pisang Cavendish di wilayah KLU menurutnya, mengingat kondisi geografis di Lombok bagian Utara dengan lahan keringnya yang subur sangat potensial untuk perkebunan jenis pisang Cavendish.

Sebelumnya pihaknya melalui CV Surya Denta Kusuma (SDK) telah melakukan uji coba penanaman pisang Cavendish ini di KLU dengan hasil melampaui target. Bahkan hasilnya dinilai jauh lebih tinggi dibanding hasil perkebunan jenis komoditi yang sama dengan daerah lain. CV SDK adalah Perusahaan yang dipercaya oleh Laskar Sasak untuk menjalankan program Perkebunan Pisang Cavendish diwilayah Utara Pulau Lombok.

“Dari divisi ekonomi Laskar Sasak telah mengadakan MoU terkait pasar di beberapa perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia ini maupun yang ada di luar negeri,” ungkap pria yang akrab disapa Miq Denta ini.

Lebih lanjut dijelaskan Miq Denta, target besar dari program ini yakni untuk memberdayakan anggota Laskar Sasak serta masyarakat melalui penguatan ekonomi.

Divisi ekonomi Laskar Sasak, Nahrip, menjelaskan, potensi ekonomi dari komoditas pisang Cavendish ini cukup menjanjikan bila dibandingkan dengan jenis komoditi lain.

“Untuk harga sekarang ini pisang Cavendish berkisaran antara Rp 20 ribu (per kg). Potensi hasil setiap satu tundun bisa mencapai 40-50 kilo. Masa panen sekitar 8 bulan,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan KLU, Tresna Hadi, berharap kegiatan penanaman pisang Cavendish ini kedepan bisa dilakukan lebih luas dan melibatkan lebih banyak lagi masyarakat KLU. Untuk mendukung program ini tambahnya, Pemda KLU telah memberikan bantuan optimasi lahan kering kepada kelompok tani ‘Oloh Tumbuh' di Desa Rempek berupa anggaran serta fasilitas pipa air untuk mengairi lahan lokasi penanaman pisang Cavendish. Ia berjanji, akan terus memantau perkembangan program perkebunan pisang Cavendish tersebut dan dukungan akan terus diberikan dengan menyesuaikan kemampuan anggaran dari Pemda.

“Kami berharap (program penanaman pisang Cavendish) ini bisa memberikan dampak positif berupa peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya yang ada di Desa Rempek ini, dan masyarakat Lombok Utara pada umumnya,” harapnya.

Tresna Hadi membeberkan, luas lahan kering di wilayah KLU mencapai sekitar 85.000 hektare. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibanding luas lahan basah yang hanya sekitar 5.600 hektare. Oleh karena itu, dirinya mengaku bersyukur dengan adanya pemanfaatan lahan kering untuk program seperti perkebunan pisang Cavendish ini. Pemda KLU lanjutnya, terus berupaya agar bagaimana lahan-lahan kering di KLU ini bisa di optimalkan secara produktif.(GL/red)


Belum ada Komentar untuk "Luar Biasa, Warga KLU Bersama Laskar Sasak Bersiap Jadi Jutawan Dengan Menyulap Lahan Tandus Bertani Pisang Cavendish"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel