Korban Gempa Lombok Protes Presiden Jokowi Karena 5 Tahun Berlalu Tak Kunjung Tersentuh Bantuan


Lombok Utara, GL_ Gempa hebat mengguncang pulau Lombok NTB pada tahun 2018 lalu dengan magnitudo 7,0 SR. Meski telah 5 tahun berlalu, ternyata masih ada korban gempa yang tak kunjung mendapat bantuan meski rumahnya telah luluh lantak dihancurkan bencana alam tersebut. Akibat lelah mengadu kepada pemerintah Dusun dan Desa setempat dan tak kunjung digubris, keluarga korban gempa ini pun terpaksa mengeluh dan menyeret nama Presiden Jokowi.

Keluarga naas tersebut yakni keluarga Ishaka (52) bersama istrinya Siti Huwaida, warga Dusun Karang Pansor, Desa Pemenang Barat, kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara (KLU). Mereka hidup bersama dua orang anaknya yang masih bocah. Akibat dilema bencana itu, menurut Siti Huwaida, dua tahun anaknya tidak sekolah akibat minder rumahnya yang tak kunjung tersentuh bantuan.

Padahal, sudah berulangkali diverifikasi dan menyerahkan dokumen kependudukan berupa KTP dan KK namun bantuan tak kunjung diterima. Sementara dari puluhan rumah yang ada di RT-01 Dusun setempat, hanya rumahnya yang tak tersentuh bantuan pemerintah. Padahal kondisi rumahnya rusak berat dan nyaris roboh.

“ini anak saya sakit ini. Dua tahun dia Ndak sekolah gara-gara dia mikirkan rumahnya ini. Apa pak (Presiden) Jokowi ndak adil sama saya ini,” keluh Siti Huwaida, dilansir channel YouTube NTB Satu, Senin (12/9).

Kini Ishaka yang sehari-hari bekerja sebagai buruh panggul di pelabuhan Pemenang itu tinggal di satu-satunya kamar yang masih bisa dihuni bersama istri dan dua anaknya. Sisa bangunan lain terpaksa dirobohkan karena dikhawatirkan akan membahayakan jika dibiarkan. Terlebih, gempa susulan masih sering terjadi. Jika musim hujan tiba, air hujan dipastikan meluber masuk kekamar tersebut. Dokumen rumahnya yang nyaris roboh masih disimpan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu diperlukan untuk verifikasi.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD KLU, Zaldi Rahadian, menyebutkan, kendati tidak menjelaskan secara detail, menurutnya butuh proses untuk menetapkan bantuan dapat diperoleh warga korban gempa. (NTB satu/GL)


Belum ada Komentar untuk "Korban Gempa Lombok Protes Presiden Jokowi Karena 5 Tahun Berlalu Tak Kunjung Tersentuh Bantuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel