Ikuti Amanat Kapolri, Polsek Gunung Sari Gandeng Fakultas Hukum Unram Gelar Penyuluhan Penanganan Kasus Pidana Jalur RJ


Lombok Barat, GL_ Tidak semua perkara pidana harus diselesaikan melalui jalur hukum jika masih ada jalan untuk diselesaikan secara damai dengan cara kekeluargaan atau istilah ini dikenal dengan sebutan Restorative Justice (RJ). Hal itu menjadi salah satu atensi Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dalam amanatnya sejak pertama kali dilantik sebagai Kapolri beberapa waktu lalu. Hal ini menjadi acuan setiap penyidik Polri, khususnya anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dalam penyelesaian setiap perkara di tengah masyarakat.

Untuk mendalami mekanisme penanganan tindak pidana melalui jalur RJ itu, anggota Polsek Gunung Sari kabupaten Lombok Barat melakukan penyuluhan bersama Fakultas Hukum Universitas Mataram (Unram), Selasa (13/9/2022). Acara yang digelar di aula Wira Trigatra Utama Mapolsek Gunung Sari dan diikuti oleh seluruh anggota Bhabinkamtibmas se-kecamatan Gunung Sari itu, mengangkat tema “Peran Bhabinkamtibmas dalam penyelesaian tindak pidana dengan mekanisme Restorative Justice”.

Kegiatan ini juga untuk mengetahui jenis tindak pidana apa saja yang bisa ditempuh melalui RJ, mekanisme, syarat RJ serta UU PPKS. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Gunungsari AKP Agus Eka Artha Sudjana, SH., Kanit Binmas, Iptu M. Sidik, dan seluruh anggota Bhabinkamtias se-kecamatan Gunungsari.

Kapolsek Gunungsari, AKP Agus Eka Artha Sudjana, SH., dalam sambutannya menyebutkan, Polsek Gunungsari yang membawahi kecamatan Gunungsari dan memiliki 16 Desa. Dalam setiap Desa, Polsek Gunungssri telah menempatkan satu orang petugas Bhabinkamtibmas.

“Semoga apa yang disampaikan oleh Bapak/ ibu sebagai narasumber ini dapat bermanfaat untuk anggota kami khususnya yang bertugas sebagai Babinkamtibmas,” imbuhnya.

Narasumber dari fakultas Hukum Unram yang hadir dalam penyuluhan tersebut yakni, Joko Jumadi, SH. MH., Dewi Sartika, SH., MH., dan Dr. Hj. Rina Khaerani Panca Ninggrum, SH,LLM.

“Terimakasih kami dan team sudah diberikan kesempatan memberikan penyuluhan terkait mekanisme RJ yang tentunya menjadi acuan rekan-rekan penyidik dan Bhabinkamtibmas untuk menyelesaikan masalah di lapangan,” kata narasumber Joko Jumadi membuka pemaparannya.

Pria yang dikenal aktif sebagai aktivis perlindungan perempuan dan anak ini juga menyampaikan konsep RJ, serta pelaksanaan sosialisasi mekanisme RJ dalam menyelesaikan setiap tindak pidana.

”Karena kepolisian sebagai ujung tombak dalam penegakan hukum dan Bhabinkamtibmas selaku ujung tombak kepolisian yang dapat menerapkan restorastive justice di masyarkat,” tandasnya. (GL/red).


Belum ada Komentar untuk "Ikuti Amanat Kapolri, Polsek Gunung Sari Gandeng Fakultas Hukum Unram Gelar Penyuluhan Penanganan Kasus Pidana Jalur RJ"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel