Pangdam IX/Udayana Datang ke Dompu, Ada Apa?


Dompu, GL_ Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Dompu provinsi NTB, Rabu (24/8), Pangdam IX/ Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto, SE. MM., memaparkan, jika Kodam IX/Udayana telah melouncing Aplikasi E praja raksa dalam rangka menjemput informasi teknologi yang disesuaikan dengan perkembangan jaman. Dikatakannya, aplikasi ini perlu disosialisasikan karena dinilai dibutuhkan untuk membantu memudahkan anggota guna mempermudah menuntaskan tugas dengan cepat dan praktis.

Saat tatap muka bersama anggota di Makodim 1614/Dompu, Pangdam mempertanyakan tentang hunian pribadi milik Anggota. Perhatian ini ditekankan sebagai salah satu bentuk kepedulian pimpinan terhadap anggota. “Jangan sampai anggota yang saya pimpin memasuki masa purna tetapi tidak punya tempat tinggal,” ungkapnya.

Jenderal TNI bintang dua ini meminta kepada Dandim agar memperhatikan anggota yang belum memiliki rumah supaya dibantu untuk mencari solusi. “Setidaknya mengupayakan kepemilikan KPR,” pesan Pangdam.

Mengutip pesan KSAD, Pangdam juga menyampaikan, bahwa TNI harus menjadi bagian dari solusi penyelesaian masalah masyarakat yang disesuaikan dengan kemampuan dari Institusi maupun anggota.

Usai menyambangi anggota di Makodim 1614/Dompu, Pangdam yang baru 7 bulan menjabat ini melanjutkan kunjungan meninjau Proyek pembangunan Pompa Hidran bantuan Kodam/IX Udayana di Desa Krama Pura Kecamatan Dompu.

Dalam sambutannya, Pangdam yang didampingi Kasrem Korem 162/WB Kol. Inf Lalu Habibburahim Wiradarma, S.I.P., M.Si, Dandim 1614/Dompu Letkol czi Taufiq, S.Sos., menyampaikan, proyek Hidran tersebut sudah mencapai 95 persen. “Keberadaan pompa hidran ini adalah wujud kepedulian TNI AD terhadap masyarakat sesuai moto TNI hadir untuk Rakyat,” ungkapnya.

Pangdam menyebutkan, di pulau Sumbawa, pompa Hidran telah dibangun di tiga titik untuk Pertanian dan masih diupayakan penambahan untuk sesi berikutnya yang diharapkan dapat meningkatkan tarap ekonomi masyarakat. “Dengan naiknya air, maka masyarakat petani bisa bercocok tanam tanpa menungggu musim hujan. Tujuannya yaitu meningkatkan tarap hidup masyarakat,” tandasnya.

Kapasitas kemampuan dari pompa Hidran yang dibangun untuk masyarakat desa Krama Yudha ini sebanyak 40 liter/menit dan diharapkan segera selesai tanpa harus menunggu peresmian.

Pangdam juga menyebutkan, keberadaan pompa Hidran ini merupakan salah satu wujud kepedulian dari para pengusaha yang ada di Bali yang kami ketuk hatinya untuk berderma dan bersedekah air kepada masyarakat Dompu. Pompa Hidran ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana air bersih kebutuhan masyarakat selain untuk kebutuhan lahan pertanian.

Di akhir pengarahan, Pangdam berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga kelestarian alam kemudian merawat pompa Hidran yang disumbangkan kepada masyarakat tersebut, sehingga memiliki manfaat jangka panjang bagi semua penduduk sekitar. Di akhir kegiatan dilanjutkan dengan pembagian Sembako oleh Pangdam IX/Udayana kepada masyarakat. (GL/Pen).


Belum ada Komentar untuk "Pangdam IX/Udayana Datang ke Dompu, Ada Apa?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel