Sediakan Jaminan Sosial Bagi Anggota, KSU di Rarang Kerjasama Dengan BPJamsostek


Lombok Timur, GL_ Koperasi Serba Usaha (KSU) Karya Terpadu Syariah Rarang, kabupaten Lombok Timur (Lotim) provinsi NTB menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKs) dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Lotim, Kamis (31/3/2022).

Ketua KSU Karya Terpadu Syariah Rarang, Baiq Rasmiati, mengatakan kerjasama ini sebagai upaya koperasi untuk menghadirkan kenyamanan bagi anggotanya, karena adanya program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

Melalui dua program tersebut lanjutnya, manfaat perlindungan akan didapatkan oleh anggotanya yang bergelut di berbagai bidang usaha. Sehingga akan mendapat manfaat nyata saat terjadi resiko.

Menurut Rasmiati, iuran sebesar Rp 16.800/bulan dinilai sangat kecil dan tidak memberatkan anggota. Terlebih manfaat yang didapatkan sangat besar. Para anggota menurutnya sangat antusias menyambut program ini.

“Menurut saya ini bisa memberikan ketenangan bagi masyarakat. Karena ada jaminan kematian dan kecelakaan kerja. Sampai ahli warisnya juga dapat manfaat,” kata Rasmiati.

Anggotanya yang jumlahnya 5.400 lebih, selama ini belum memiliki perlindungan. Terlebih, 90% anggotanya adalah kaum hawa yang aktif berwirausaha.

“90% ibu-ibu. Mereka mempunyai usaha. Di pasar bakulan, jagal, pedagang pasar, penjual gorengan. Kita akan masukkan bertahap,” ucapnya.

Bahkan bukan hanya anggota, pihaknya akan turut mengedukasi para calon anggota KSU Karya Terpadu Syariah Rarang agar bersedia didaftarkan pada program BPJamsostek.

Selain anggota, Rasmiati juga mendaftarkan 55 tenaga kerjanya ke dalam tiga program BPJamsostek. Tambahan Jaminan Pensiun.

Dengan demikian, karyawan KSU yang dibangun dengan modal Rp.150 ribu di tahun 1998 ini, tak perlu khawatir lagi dengan pendapatan setelah usia non produktif.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJamsostek Lotim, Akbar Ismail, mengatakan, kerjasama dengan KSU Karya Terpadu Rarang merupakan kerjasama yang kedua dengan Koperasi. Sebelumnya, Kerjasama dengan Koperasi nelayan di Tanjung Luar juga telah terjalin.

Sistem pembayaran kepada BPJamsostek, langsung ditangani oleh koperasi yang bersangkutan. Hal ini mengadopsi konsep keagenan asuransi swasta yang terlebih dahulu menerpakan.

“Koperasinya yang langsung memotong dari iuran anggotanya,” tutur Akbar. (GL/Ded)


Belum ada Komentar untuk "Sediakan Jaminan Sosial Bagi Anggota, KSU di Rarang Kerjasama Dengan BPJamsostek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel