Sebelumnya Sudah Tiga Kali Preservasi, PJN I NTB Kembali Perbaiki Ruas Jalan Masbagik-Mataram Yang Diduga Rusak Akibat Pipa PDAM Bocor



Lombok Timur, GL_ Ruas jalan Masbagik-Mataram yang merupakan jalan Nasional kembali diperbaiki, Minggu (06/03/2022). Kerusakan yang terjadi di jalur utama akses menuju Pulau Sumbawa ini hanya sekitar 10 meter.

Namun kerusakan itu tentu tetap membahayakan bagi pengendara mengingat tingginya arus lalu lintas di jalan tersebut.

Sebelumnya, kelompok pemuda di Kecamatan Masbagik melakukan aksi protes menuntut perbaikan jalan dengan penanaman pisang pada jalan yang rusak.

Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Nusa Tenggara Barat (PJN I NTB) langsung merespon protes tersebut dan melakukan perbaikan pada jalan yang rusak.

PPK 1.3 PJN I NTB BPJN NTB, Sudirman, menjelaskan kerusakan di titik itu bukan yang pertama kali terjadi. Sebelumnya, pihaknya telah melakukan perbaikan sebanyak tiga kali.

"Praservasi sudah dilakukan tanggal 7, tanggal 14, tanggal 16 februari dan hari ini," jelas Sudirman.

Rembesan air yang berada dibawah aspal ditengarai menjadi penyebab kerusakan tersebut. Bahkan ia menduga rembesan air tersebut berasal dari kebocoran pipa PDAM.

Sementara itu pihak rekanan, PT Sima Kerthasari yang mengerjakan perservasi tersebut membenarkan, perbaikan pada titik itu sudah yang keempat kalinya. Bersama PDAM Lotim, rekanan mencari sumber air yang diduga merupakan akibat dari kebocoran pipa.

Namun, setelah melakukan pencarian, PDAM tidak berhasil menemukan sumber kebocoran di titik tersebut. Ada kemungkinan kebocoran tidak terjadi pada titik itu namun aliran air terkumpul menilik adanya elevasi yang cukup tinggi pada jalur tersebut.

"Bisa saja bocornya di tempat yang lebih tinggi. Dan disini keluar airnya," ucap perwakilan PT Sima Kerthasari, Ihsan.

Namun, ia menyebutkan rembesan tersebut bisa juga bukan berasal dari kebocoran pipa PDAM. Namun, adanya sumber mata air di titik itu yang menggerus aspal.

Meskipun rembesan air masih terus mengalir, rekanan tetap melakukan pengaspalan sembari menunggu kajian lebih lanjut dari PJN I NTB untuk menuntaskan permasalahan ini.

"Setidaknya untuk sementara, jalan ini tidak membahayakan pengguna. Sambil kita tunggu kajian dari PJN," ucapnya. (GL/Ded)


Belum ada Komentar untuk "Sebelumnya Sudah Tiga Kali Preservasi, PJN I NTB Kembali Perbaiki Ruas Jalan Masbagik-Mataram Yang Diduga Rusak Akibat Pipa PDAM Bocor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel