Serunya Festival Tangkap Belut 'Bedudul' di Lotim, Bupati Pesan Tingkatkan Kesadaran Lingkungan


Lombok Timur, GL_ Ragam kebiasaan masyarakat di pulau Lombok-NTB, khususnya di wilayah pedesaan kerap menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun asing. Festival Bedudul misalnya, yakni kebiasaan masyarakat berburu Belut atau bahas Sasak Lombok disebut dengan istilah pancing Lindung. Serunya berburu belut atau Bedudul di lokasi persawahan berlumpur menjadi hal unik dan menarik menjadi tontonan atau bahkan menjadi peserta.

Festival Tahunan Pancing Lindung, atau festival Bedudul kali ini diadakan di Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading, kabupaten Lombok Timur (Lotim) Ahad (20/02/2022), dibuka Bupati Lotim, H.M. Sukiman Azmy.

Bedudul sendiri adalah kebiasaan masyarakat Lombok berburu belut di saluran irigasi persawahan. Belut yang didapatkan biasanya untuk konsumsi sebagai lauk makan. Bahkan ada sebagian juga yang menjual belut-belut hasil tangkapannya ke pasar.

Dalam festival Bedudul tersebut, Pemerintah daerah menggolontorkan dana Rp 10 juta sebagai doorprize pada kegiatan ini. Menurut Sukiman, festival ini juga sebagai bentuk dukungan pelestarian lingkungan, mengingat belut termasuk biota yang hidup di air yang minim pencemaran.

“Semoga ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak merusak lingkungan. Kalau lingkungan terjaga, belutnya juga akan terjaga,” kata Bupati.

Ia pun berharap agar festival tersebut dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, dan menjadi agenda rutin tahunan. Sehingga berpotensi menjadi salah satu daya tarik wisata yang berpotensi mendatangkan wisatawan asing ke Desa Montong Betok.

“Kegiatan keseharian seperti ini, akan mendukung pengembangan wisata di kawasan ini,” pungkasnya.

Kegiatan yang diinisiasi Komunitas Pancing Lindung tersebut diikuti 50 tim. Doorprize sebesar Rp 1 juta untuk juara 1, juara 2 sebesar Rp 750 ribu dan juara 3 sebesar Rp 500 ribu di sediakan oleh panitia. (GL/Ded/Hum)


Belum ada Komentar untuk "Serunya Festival Tangkap Belut 'Bedudul' di Lotim, Bupati Pesan Tingkatkan Kesadaran Lingkungan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel