PPK Proyek Dermaga Labuhan Haji Lotim Resmi Ditahan Hari Ini, Satu Tersangka Lain Akan Dipanggil Paksa Karena Mangkir



Lombok Timur, GL_ Gagalnya pengerukan Dermaga Labuhan Haji pada 2016 lalu akhirnya memakan tumbal. Salah seorang tersangka berijisial N yang merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada proyek tersebut resmi ditahan mulai hari ini, Rabu (02/02/0/2022). Sebelum ditahan, Tim Penyidik Kejaksaan Negeri Lombok Timur (Kejari Lotim) provinsi NTB terlebih dahulu memeriksa yang bersangkutan.

“Pertanyaan kurang lebih 40 pertanyaan,” sebut Kasi Intelejen Kejari Lotim, Lalu Mohammad Rasyidi, kepada gemalombok.com.

Materi pertanyaan berkaitan dengan peran tersangka selaku PPK pada Pekerjaan Penataan Kolam Labuh Dermaga Labuhan Haji.

Sementara itu, salah seorang tersangka lain berinisial TR selaku Komisaris PT Guna Karya Nusantara (GKN) mangkir tanpa alasan dari pemanggilan yang kedua. Pemeriksaan terhadap TR akan dilakukan minggu depan dengan kembali memberikan pemanggilan ketiga.

“Kita panggil lagi sesuai mekanisme. Secara patut 3 kali pemanggilan. Kalau tidak datang, kita upaya paksa,” tegasnya.

Setelah dilakukan rapid antigen, tersangka N kemudian dibawa ke Lapas Kelas IIB Selong untuk menjalani penahanan selama 20 hari kedepan.

Dari hasil audit BPKP, total kerugian Negara akibat kegagalan pekerjaan tersebut sebesar Rp. 6.361.048.182.00 (enam milar tiga ratus enam puluh satu juta empat puluh delapan ribu seratus delapan puluh dua rupiah).

Kerugian ini merupakan uang muka yang dibayarkan Pemda melalui Bank BNI Bandung kepada PT GKN untuk memulai pekerjaan pada proyek senilai hampir Rp 40 milyar itu. Namun uang tersebut tak bisa dikembalikan ke kas daerah karena Pemda Lotim kalah dalam gugatan di PN Bandung, bahkan hingga Kasasi di Mahkamah Agung (MA). (GL/Ded)


Belum ada Komentar untuk "PPK Proyek Dermaga Labuhan Haji Lotim Resmi Ditahan Hari Ini, Satu Tersangka Lain Akan Dipanggil Paksa Karena Mangkir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel