Perhatikan, Rp 34 Milyar Dana Digelontorkan Pemkab Lotim Untuk Bantuan Masyarakat Ini



Lombok Timur, GL_ Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) provinsi NTB mengalokasikan anggaran sebesar Rp 34 milyar untuk membayarkan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK) di tahun 2022. Anggaran ini untuk membayarkan iuaran PBI Kabupaten sekitar 64 ribu masyarakat Lotim, juga untuk menyelesaikan kekurangan bayar di tahun 2021 lalu.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lotim, Hasni saat dijumpai wartawan, Senin (07/02/2022). Dijelaskannya, masyarakat Lotim yang sudah di Perjanjian Kerjasamakan (PKs) sekitar 60 ribuan orang.

“Masih ada cadangan 4000 orang. Ini diprioritaskan untuk ibu hamil dan anaknya yang bersalin,” terang Hasni.

Pemkab memprioritaskan ibu hamil dikarenakan Jaminan Persalinan (Jampersal) dari Pemerintah Pusat masih dalam pembahasan.

Terkait 140 ribu penerima PBI Provinsi dan Pusat yang dinonaktifkan, Hasni mengatakan, Kementerian Sosial masih memberikan kesempatan kepada Pemkab untuk memperbaiki data Nomer Induk Kependudukan (NIK). Karena masih banyak masyarkat yang belum memiliki NIK.

Oleh sebab itu, Bupati telah mengumpulkan seluruh Kepala Desa, Operator Desa, Camat, Kepala OPD untuk menyelesaikan permasalahan Adminduk ini. Bahkan ditargetkan pada bulan Februari ini NIK penduduk Lotim bisa dituntaskan.

“Untuk yang belum punya NIK, didorong untuk menuntaskan NIK-nya. Yang 140 ribu didorong ke JKN karena ini masih terbuka kesempatan untuk memperbaiki NIK-nya,” terangnya. (GL/Ded)


Belum ada Komentar untuk "Perhatikan, Rp 34 Milyar Dana Digelontorkan Pemkab Lotim Untuk Bantuan Masyarakat Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel