Jenderal Dudung Dapat Gelar Kehormatan "Kesatria Sakti Mandraguna" di Lombok



Lombok Tengah, GL_ Kepala Staf TNI Angkatan Darat ( KASAD ) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mendapatkan penganugerahan gelar adat suku Sasak Lombok “Prawireng Jaye Bhuwane” dari Ketua Adat Sasak HL. Wiratmaja, Senin (21/2/2022). Penyematan gelar kehormatan diberikan di kediaman mantan Bupati Lombok Tengah (Loteng) itu di Lingkungan Prapen Kelurahan Prapen Kecamatan Praya.

Ketua Adat Sasak HL. Wiratmaja yang akrab disapa Mamiq Ngoh itu menyampaikan, penganugerahan gelar tersebut dilatar belakangi karena rakyat Lombok butuh keamanan. Prosesi penganugerahan gelar kepada Kasad itu juga ditandai dengan pemakaian keris Lombok.

“Kami berikan gelar Perawireng Jaya Buana ini, yang artinya satria sakti mandra guna, yang mengayom dan melindungi masyarakat di NKRI. Ini untuk menjaga wilayah, sebagai pemimpin,” ucap Mamiq Ngoh.

Pada kesempatan tersebut Jenderal Dudung menyampaikan rasa bangga dan terimakasihnya telah menjadi warga suku Sasak ditandai dengan penganugerahan gelar adat.

“Ini pertama kali ini selama saya menjadi Kasad dan berkunjung di daerah diberi kehormatan dan dinobatkan sebagai warga kehormatan Sasak dan ini bagi saya merupakan kebanggaan,” ucapnya.

Selain itu, Dudung juga berharap agar kepemimpinan Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah dan Danrem 162/WB, Brigjen TNI Lalu Rudi Irham Srigede, bisa membawa kesejahteraan dan keamanan yang kondusif di daerah NTB.

Sementara itu, Bupati Loteng HL. Pathul Bahri, dalam sambutannya mengatakan, bahwa HL. Wiratmaja yang merupakan mantan Bupati Loteng itu sebagai orang tua dan sesepuh di daerah berjuluk pulau seribu Masjid ini.

“Beliau merupakan sesepuh yang menjadi batu pijakan bagi kami dimana banyak yang diwariskan seperti adanya bandara Internasional dan Mandalika yang kemudian saat ini dirasakan bagi kami,” ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Gubernur NTB Dr. Zulkiflimansyah mengaku bangga karena Kasad sudah berkenan menjadi warga Sasak Lombok-NTB. Selain itu juga telah memberikan jabatan kepada Danrem untuk menjadi bintang walaupun tidak bintang empat namun dapat menjadi inspirasi kepada pemuda dan warga NTB.

“Hari kami di Lombok berbahagia sekali menerima beliau sebagai warga sasak,” ucapnya.

Gubernur juga menyampaikan apresiasinya yang telah memberikan kesempatan lebih banyak lagi kepada putra NTB menjadi anggota dan perwira TNI Angkatan Darat.(GL/Pen)


Belum ada Komentar untuk "Jenderal Dudung Dapat Gelar Kehormatan "Kesatria Sakti Mandraguna" di Lombok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel