Hoax, Kabar Tiga Pasien Covid-19 Terpapar Omnicorn di Lombok Timur



Lombok Timur, GL_ Banyak kabar berhembus di kabupaten Lombok Timur (Lotim) provinsi NTB terkait informasi tiga orang pasien Covid-19 yang kini dirawat terpapar Omnicorn. Hal itu dinilai sebagai berita hoax dan dibantah keras oleh Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Lotim, Dr. Pathurrahman. Ditegaskannya, hingga saat ini Covid-19 varian Omnicorn masih belum masuk ke daerah berpenduduk terpadat di NTB itu.

Ia menjelaskan, untuk mengetahui varian Omnicorn harus dilakukan uji laboratorium ke Kementerian Kesehatan. Setelah dilakukan uji lab terhadap tiga pasien yang terpapar, dipastikan bahwa pasien-pasien tersebut tidak terpapar Omnicorn. Ketiganya pun kini masih dirawat dalam kondisi yang baik.

"Kalau untuk mengetahui Omnicorn atau bukan harus dilakukan pemeriksaan lab ke Kemenkes Pusat. Yang jelas tidak ada hasil lab-nya yang menyatakan ini Omnicorn. Meskipun banyak beredar isu seperti itu," terangnya kepada media gemalombok.com, Rabu (02/02/2022).

Demi mencegah masuknya Omnicorn ke Lombok Timur, Pathurrahman menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan prokes dalam beraktifitas. Dijelaskannya, tiga cara yang dapat digunakan dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 varian apapun, yakni penerapan prokes, 3T (Testing, Tracing, Treatment), dan Vaksinasi.

"Bagi yang belum vaksinasi, segera melakukan vaksin baik dosis 1, 2, ataupun 3 booster bagi yang sudah waktunya," himbaunya.

Saat ini kabupaten Lotim telah menyelesaikan vaksinasi mencapai 92,63% dosis 1, dan 60,21% dosis 2 untuk sasaran 952.470 orang. Sedangkan vaksinasi untuk anak umur 6-11 tahun, telah tercapai 69,82% dengan sasaran 150.250.

"Upaya kita saat ini di Lombok Timir, terus menggenjot vaksinasi anak," ungkapnya. (GL/Ded)


Belum ada Komentar untuk "Hoax, Kabar Tiga Pasien Covid-19 Terpapar Omnicorn di Lombok Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel