Pulau Seribu Masjid Kembali Dilanda Gempa, Getarannya Hingga Kepulau Dewata Bali, Tetap Waspada


Ilustrasi gempa

Lombok Barat, GL_ Gempa tektonik dengan kekuatan magnitudo 4,6 SR kembali melanda pulau Lombok NTB, Selasa (25/1/2022) subuh, sekitar pukul 05.14 Waktu setempat. Disinyalir akibat dangkalnya pusat kedalaman gempa, yakni dengan kedalaman 10 km dan berpusat di darat menyebabkan getaran gempa sangat dirasakan warga se-pulau Lombok. Bahkan getarannya terasa hingga ke pulau Dewata Bali.

“(getarannya) terasa di Kuta Bali,” ungkap Agung Pramuja, warga pulau Dewata Bali.

Badan Meteorologi, Klimatologi Geofisika (BMKG) Mataram-NTB menyebutkan, gempa yang berpusat di 10 km tenggara Lombok Barat tersebut tidak berpotensi tsunami. Namun se-pulau Lombok merasakan dampak gempa dangkal tersebut.

Selain itu, belum ada informasi resmi terkait potensi kerusakan bangunan maupun jatuhnya korban. Namun hentakan gempa yang keras cukup membuat trauma masyarakat pulau Lombok kembali mengingatkan tragedi gempa yang telah memporak porandakan daerah dengan julukan pulau seribu Masjid ini beberapa tahun silam.

Kendati intensitasnya tidak banyak, namun masyarakat diharapkan tetap waspada, mengingat potensi gempa susulan (aftershock) masih terjadi.

“Hasil monitoring kami, tercatat 1 gempa susulan dan itu pun kecil kekuatannya sampai saat ini,” ungkap release resmi BMKG Mataram NTB. (GL/Red)


Belum ada Komentar untuk "Pulau Seribu Masjid Kembali Dilanda Gempa, Getarannya Hingga Kepulau Dewata Bali, Tetap Waspada"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel