Banjir Kepung Lombok Barat, Jalur Mataram-Senggigi Lumpuh, Jembatan Amblas, Hingga Desa Bupatinya Terendam

Lombok Barat, GL_ Curah hujan deras yang melanda pulau Lombok selama sehari semalam sejak Minggu (5)12/2021) malam menyebabkan banjir di sejumlah titik di kabupaten Lombok Barat (Lobar) provinsi NTB. Akses jalan dari kota Mataram menuju objek wisata Senggigi lumpuh total akibat tidak bisa dilalui kendaraan bermotor. Selain itu, genangan air di sepanjang jalan depan rumah Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid, di Desa Sandik Gunung Sari juga terendam banjir setinggi pinggang orang dewasa. Tak pelak, kemacetan lalu lintas pun tak bisa dihindari.

“Dari tengah malem hujan deras Ndak berhenti-berhenti. Ini di jalan ini kesana rumah Bupati,” tutur H. Banu, warga setempat kepada media ini Senin (6/12/2021) siang, di sela-sela bergotong royong bersama warga lain membersihkan selokan dari sampah yang menyumbat aliran air. Kejadian seperti ini menurutnya baru kali ini terjadi yang paling parah. Hujan deras dengan intensitas tinggi disinyalir menjadi penyebab terjadinya genangan banjir terparah itu.

Ratusan rumah di kecamatan Gunung Sari juga terendam, termasuk sejumlah perumahan elit di sana. Sebuah jembatan meninting menuju jalur objek wisata Senggigi juga nampak amblas akibat banjir.

Pantauan media gemalombok.com Senin (6/12/2021) siang hingga sore, sedikitnya enam titik wilayah tergenang banjir air bah. Berbagai faktor penyebab banjir tersebut. Selain curah hujan tinggi, jebolnya tanggul sungai juga disebut-sebut menjadi sebab air meluap ke pemukiman warga. Petugas kepolisian dan TNI serta tim SAR gabungan nampak sibuk membantu warga. Polisi juga terjun di jalan mengatur arus lalulintas.


“Banjir ini dari tadi subuh di sini (Meninting). Tumben ini,” ungkap Mahfud, warga Montong buwuh Desa Meninting kepada media ini Senin siang. Mahfud dan sejumlah warga turut membantu masyarakat yang melintas di jalur Meninting Gunung Sari. Sejumlah sepeda motor juga terlihat macet akibat mesin kemasukan air.

Tinggi air banjir di kecamatan Gunung Sari Senin pagi, telah mencapai leher orang dewasa. Ketinggian air diperkirakan akan terus bertambah mengingat curah hujan masih terus terjadi. Bahkan di perumahan Bhayangkara Residence, desa Dopang telah mencapai atap rumah. Warga yang mengungsi sudah mulai terjadi ke lokasi ketinggian, ada juga yang mengungsi sementara kerumah kerabat yang tidak terdampak banjir. Bagi masyarakat yang hendak melintas di kawasan Meninting, Gunung Sari, dan ke arah Senggigi sebaiknya untuk menunda atau harap berhati-hati jika terpaksa harus melalui jalur-jalur tersebut. (GL/Red)


Belum ada Komentar untuk "Banjir Kepung Lombok Barat, Jalur Mataram-Senggigi Lumpuh, Jembatan Amblas, Hingga Desa Bupatinya Terendam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel