Ribuan DPB Lotim Bertambah dalam Sebulan, Data Dari Ratusan Desa Dipertanyakan

Lombok Timur, GL_ Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur NTB merilis rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) periode Juli 2021, pada Senin (02/08/2021). DPB perbulan Juli 2021 sebanyak 939.195 pemilih. Sebanyak 452.356 pemilih laki-laki, dan 486.839 pemilih perempuan.

Dalam satu bulan, terdapat penambahan sebanyak 1.933 pemilih dibandingkan dengan DPB bulan Juni 2021. Hal ini dikarenakan banyaknya siswa yang menginjak usia 17 tahun pada bulan Juli 2021. “Datanya kita dapatkan dari Kemenag." tutur Ketua KPU Lotim, DR. M Junaidi.

Penambahan juga didapatkan dari data pensiunan TNI/Polri. Sementara, dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) diperoleh data warga meninggal dunia sebagai pengurangan DPB.

Sedangkan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) belum didapatkan data pemilih Pilkades yang digelar 29 Juli 2021 lalu. Padahal KPU telah bersurat ke DPMD untuk mendapatkan data DPT Pilkades serentak yang diikuti oleh 20 Desa tersebut.

"DPT Pilkades kami sudah minta ke DPMD. Kami berharap DPMD segera membalas surat kami. Setelah kami dapatkan, akan kami singkronkan," terangnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Lotim, Mulyadi, menilai, perubahan data kependudukan seharusnya dapat lebih cepat dan akurat. Mengingat, telah dibuat aplikasi Bikin Administrasi Kependudukan Secara Online (BAKSO).

Namun sayang, dari 239 Desa di Lotim, banyak yang tidak aktif memanfaatkan aplikasi ini. Hal ini akan mempengaruhi kecepatan dan ketepatan data DPB. Apakah kemampuan Ratusan Desa di Lotim dalam memanfaatkn tekhnologi digital patut dipertanyakan?

"89 Desa itu kami harapkan aktif memanfaatkan aplikasi BAKSO ini," ucapnya. (GL/Ded)


Belum ada Komentar untuk "Ribuan DPB Lotim Bertambah dalam Sebulan, Data Dari Ratusan Desa Dipertanyakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel