Idul Fitri Tahun ini, Kecuali Koruptor, 1 Orang Bebas dan 209 Narapidana di Lapas Selong Dikurangi Hukumannya


Lombok Timur, GL_ Sebanyak 209 narapidana di Lapas Kelas IIB Selong Lombok Timur (Lotim) NTB menerima remisi (pengurangan masa hukuman) khusus, bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 1442 H, Kamis (13/05). Penyerahan remisi diberikan langsung Kalapas Kelas IIB Selong, Purniawal, usai menggelar shalat Ied di lingkungan Lapas.

Pada kesempatan tersebut terdapat satu orang narapidana yang masuk kategori Remisi Khusus II (RK II), yakni dinyatakan langsung bebas pada hari itu juga. Sementara Narapidana kasus korupsi tidak mendapatkan remisi maupun pembebasan.

Rincian remisi untuk narapidana lainnya, 49 orang mendapat pengurangan masa hukuman 15 hari. 16 orang mendapat remisi 1 bulan 15 hari. Sedangkan yang terbesar jumlahnya yakni sebanyak 141 orang mendapat remisi 1 bulan.

Dalam amanatnya, Purniawal menyampaikan sambutan Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly, yang meminta agar mantan narapidana yang telah kembali ke masyarakat memperbaiki diri, dan tidak mengulangi perbuatannya. Terselip juga harapan agar mereka dapat berperan aktif dalam pembangunan.

Pemberian remisi merupakan instrumen penting dalam pelaksanaan sistem pemasyarakatan. Bertujuan memberikan stimulus kepada narapidana agar selalu berkelakuan baik.

“Perbaikan itu tercermin dari sikap warga binaan yang taat selama menjalani pidana, lebih disiplin, lebih produktif dan dinamis,” ucap Purniawal.

Pemberian remisi khusus ini juga diharapkan agar menjadi pemahaman bahwa remisi merupakan hak yang harus diberikan oleh negara atas pencapaian yang sudah dilakukan selama menjalani pembinaan. Oleh karenanya tolak ukur pemberian remisi tidak didasarkan pada latar belakang pelanggaran hukumnya, namun didasarkan pada perilaku selama menjalani masa pidana.

“Apabila tidak berperilaku baik maka hak remisi tidak akan diberikan. Mekanisme pemberian remisi ini dilakukan dengan sangat transparan, dan sudah berbasis sistem yang mendayagunakan teknologi informasi. Dan tentunya tidak dipungut biaya apapun,” ungkapnya. (GL/Ded)


Belum ada Komentar untuk "Idul Fitri Tahun ini, Kecuali Koruptor, 1 Orang Bebas dan 209 Narapidana di Lapas Selong Dikurangi Hukumannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel