Pelanggar Lalin Tahun 2019 di Lotim Meningkat, Terbanyak Masyarakat yang “Kurang Sayang” Kepalanya

Kasat Lantas Polres Lombok Timur, AKP Ryan Faisal
Lombok Timur, GL_ Dalam Operasi Zebra Gatarin 2019, Satlantas Polres Lombok Timur (Lotim) telah menjaring sedikitnya 3.877 pelanggar Lalu Lintas (Lalin). Mayoritas pelanggar masih didominasi pengendara yang kurang sayang dengan keselamatan kepalanya, alias tidak memakai Helm.

Kasat Lantas Polres Lombok Timur, AKP Ryan Faisal, saat menggelar Konfrensi Pers, Kamis (07/11/2019), menyebutkan, setiap hari lebih dari 400 pelanggar dalam Operasi Zebra Gatarin 2019 beberapa waktu lalu, dengan intensitas Operasi dilaksanakan minimal 2 kali sehari. Dalam operasi yang digelar selama 14 hari tersebut, mayoritas pelanggar yang terjaring akibat tidak menggunakan helm dalam mengendarai roda 2 (R2).

"Pelanggaran ini didominasi oleh pelanggaran penggunaan helm. Baik depan, maupun belakang," tutur Ryan.

Data penindakan pelanggaran Lalin dalam Operasi Zebra ditahun 2019, ungkap Ryan, mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun 2018 lalu. Faktor musibah gempa bumi tahun lalu disebut sebagai penyebab.

"Terjadi peningkatan penindakan. Dikarenakan pada tahun 2018 kemarin, bersifat preventif. Karena masih terdampak gempa. Sehingga tidak ditargetkan untuk penindakan seperti pada 2019 ini," ungkap Kasatlantas.

Banyaknya pelanggaran penggunaan helm yang terjadi menurut Ryan, menunjukkan masih kurangnya kesadaran masyarakat Lotim akan keselamatan berkendara. Ditegaskannya, meskipun Operasi Zebra telah berakhir, pihaknya akan tetap menggelar razia untuk menggugah kesadaran masyarakat dalam penggunaan helm sebagai kelengkapan berkendara.

"Kami sampaikan kepada masyarakat Lombok Timur, kami akan terus melakukan razia. Terutama di pagi hari dan akan dikhususkan untuk penggunaan helm," terang Ryan.

Ia juga akan menargetkan kalangan pelajar dalam operasi yang akan rutin dilaksanakan tersebut. Karena kalangan pelajar dianggap kerap lalai menggunakan helm.

"Pelajar yang diantar orang tuanya, hanya orang tuanya yang menggunakan helm. Di sini akan kami tertibkan. Anaknya juga harus menggunakan helm," tegasnya. (GL/Ded)

Belum ada Komentar untuk "Pelanggar Lalin Tahun 2019 di Lotim Meningkat, Terbanyak Masyarakat yang “Kurang Sayang” Kepalanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel