Louncing PKUR, Bupati Harapkan YBM BRI Salurkan Bantuan Ke Semua Kecamatan

Lombok Timur, GL_ Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lombok Timur (Lotim), saat ini berada pada urutan kedua terakhir, atau pada posisi ke-9 dari 10 Kabupaten/ kota se-NTB. Sehingga, Pemda Lotim berupaya keras untuk meningkatkan IPM dengan melakukan pembenahan di segala bidang.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Lotim, H. Sukiman Azmy, saat launcing Program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR), melalui Yayasan Baitul Maal (YBM ) BRI Korwil Bali Nusra pada Jum'at (08/11/2019), di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Montong Gading, Lotim.

"Indikatornya mulai sedikit demi sedikit telah kita benahi. Pembanguan insfrastuktur sudah mulai berjalan, begitu pula dengan tingkat kesehatan masyarakat telah diperbaiki juga," ungkap Sukiman.

Masih tingginya angka putus sekolah menjadi salah satu fokus penanganan oleh Pemda Lotim untuk peningkatan kualitas SDM. Selain itu, Pemda telah berencana untuk mendirikan 1 TK Negeri di setiap Kecamatan.

"Jika 3 indikator tersebut telah tepenuhi, yang terakhir Pemda akan berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan income perkapita masyarakat. Sehingga, apa yang diharapkan untuk menaikan IPM, dapat terwujud," pungkasnya.

Bupati juga menyampaikan apresiasinya atas kehadiran YBM BRI yang memberi bantuan bagi 7 kelompok usaha di Kecamatan Montong Gading. Ia berharap, agar bantuan dari YBM BRI dapat disalurkan juga ke setiap Kecamatan di Lombok Timur.

"Diharapkan juga, sinergi dengan YBM BRI akan diteruskan oleh Baznas, untuk memberikan KUBe-KUBe seperti ini. Dengan demikian apabila berjalannya 4 unsur tersebut, maka IPM di Lombok Timur akan naik pula," harapnya.

Sementara itu, perwakilan YBM BRI, Zainul Fuadi Akbar, menyampaikan, PKUR merupakan program YBM BRI yang memberikan stimulus modal usaha, pendampingan, dan mentoring usaha.

Program ini mewajibkan para peserta untuk membentuk kelompok usaha yang beranggotakan 10 orang. Adapun jenis usaha yang dijalankan pada bidang pertanian, peternakan, perikanan, industri rumah tangga, perdagangan, dan jasa.

"Di Lombok Timur, ada 7 kelompok PKUR. Tersebar di Desa Pesanggrahan sebanyak 4 kelompok. Desa Kotaraja 1 kelompok. Dan, Desa Loyok 2 kelompok. Total penyaluran dana zakat sebesar Rp. 374.635.000, dengan penerima manfaat sebanyak 70 orang," jelasnya. (GL/Ded/Hum)

Belum ada Komentar untuk "Louncing PKUR, Bupati Harapkan YBM BRI Salurkan Bantuan Ke Semua Kecamatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel