Gara-Gara Umur, Warga Desa Pemongkong Tolak Pelantikan Kadus Terpilih

Lombok Timur, GL_ Warga Dusun Pemongkong Timuk, Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur (Lotim) menyampaikan keberatannya atas pelantikan Kepala Dusun (Kadus) Pemongkong Timuk, yang sedianya diagendakan kamis (21/11/2019) pagi. Aksi penolakan ini dilakukan dengan mendatangi Kantor Desa Pemongkong.

Rencananya, Kades Pemongkong, Samsul Bahry, akan melantik Murdi, Kadus terpilih yang usianya lebih dari 42 tahun. Usia tersebut merupakan batas maksimal usia perekrutan Kadus. Hal itu tertuang dalam Permendagri No. 67 Tahun 2018.

"Kadus terpilih Murdi saat ini usianya 42 tahun lebih 11 bulan. Jadi, ini sudah melanggar aturan, dan kami menolak untuk dilantik," tegas Ketua LKMD Pemongkong, Lalu Muhamad Nasir, di hadapan awak media.

Nasir menilai, proses penjaringan dan penyaringan Kadus Pemongkong Timuk, yang dilaksanakan pada 25 September 2019 lalu, cacat hukum. Pasalnya, kadus terpilih mendaftar saat usianya sudah melebihi batas maksimal usia calon Kadus. Ia juga mempertanyakan sikap panitia seleksi perangkat Desa yang meloloskan Calon Kadus tersebut dalam seleksi administrasinya.

"Tapi kenapa waktu itu panitia penjaringan menerima berkas pendaftaran Murdi. Ikut tes seleksi pula. Kan jelas-jelas usianya sudah melebihi batas maksimal," kata Nasir.

Nasir menegaskan, dirinya dan warga tidak akan berubah sikap dan akan tetap menentang pelantikan Kadus tersebut.

"Kalau tetap dilantik, saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Yang jelas kami akan bertindak tegas," kata Nasir.

Sementara itu, Kades Pemongkong,  Samsul Bahry, enggan memberikan keterangan resmi kepada awak media terkait permasalahan tersebut.

"Pak Kades sedang ada tamu. Sudah di disposisikan ke saya," ucap Sekdes Pemongkong, Mukmin.

Mukmin menampik terkait reaksi warga yang datang ke Kantor Desa untuk memboikot pelantikan Kadus Pemongkong Timuk. Menurutnya, pelantikan Kadus tidak mungkin dilakukan sebelum terbitnya rekomendasi dari Camat.

"Itu informasi hoax, tidak ada pelantikan kadus hari ini. Kami juga belum terima surat rekomendasi pelantikan kadus dari Camat," jelas Mukmin.

Kendati demikian, Mukmin enggan berkomentar terkait usia Kadus terpilih yang telah melewati batas. Ia mengaku bukan wewenang dirinya untuk menjawab hal tersebut.

"Saya tidak mau jawab itu, karena itu sudah selesai. Kita lihat saja nanti proses selanjutnya," ucapnya. (GL/Ded)

Belum ada Komentar untuk "Gara-Gara Umur, Warga Desa Pemongkong Tolak Pelantikan Kadus Terpilih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel