Dikbud Lotim Bantah Intervensi Sekolah Terkait Pengadaan Barang dan Jasa

Lombok Timur,GL_ Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Timur (Lotim) membantah isu adanya intervensi dari Dikbud terhadap sekolah dasar (SD) penerima DAK tahun 2019, terkait pengadaan barang untuk pekerjaan fisik.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dikbud Lotim, M. Abasti, kepada Wartawan, Rabu (13/11/2019) membantah tudingan pihaknya yang telah mengarahkan sekolah untuk membeli material pada penyedia tertentu. Menurutnya, Dikbud Lotim memberi kewenangan penuh kepada setiap sekolah dalam pengadaan material untuk pembangunan di Sekolah masing-masing, sebagaimana idealnya sistem pengadaan barang dan jasa pada pekerjaan Swakelola.

"Silahkan sekolah itu mencari sendiri penyedia. Di mana dia bisa membeli dengan harga murah, dengan kualitas yang bagus," ucapnya.

Namun Abasti tidak menampik jika ada penyedia yang telah datang ke pihaknya untuk menanyakan sekolah-sekolah penerima DAK fisik tahun 2019. Kendati demikian, pihaknya tidak memberikan rekomendasi agar sekolah membeli material dari penyedia tersebut.

Jika ada penyedia yang mengaku mendapat rekomendasi dari Dikbud untuk pengadaan material, Ia meminta sekolah untuk menelaah kebenaran klaim tersebut. Dengan mempertimbangkan ada tidaknya rekomendasi tertulis dari Dikbud, yang menyebutkan keharusan sekolah untuk membeli material dari penyedia tersebut.

"Kalau memang sikapanya rekom, harus tertulis rekomendasi itu. Ini lho saya dapat rekomendasi dari Dinas, seharusnya gitu. Kalau sekedar menangguh-nangguhkan begitu, semua orang bisa," ujarnya.

Dipaparkan lebih lanjut oleh Abasti, di lain pihak, sekolah juga menanyakan kepada Dikbud Lotim keberadaan penyedia untuk membeli material. Menurutnya, sebagai orang tua kandung sekolah, Dikbud tentunya memberikan informasi keberadaan penyedia sebatas sepengetahuannya saja. Sementara keputusan untuk menggunakan jasa penyedia tetap menjadi kewenangan sekolah.

"Cuma memang, ketika ada yang bertanya tentu kami jawab. Kalau kami tidak menjawab, jadinya seperti tidak mau tahu urusan sekolah. Tapi, kami tidak menyebut satu penyedia" ucapnya. (GL/Ded)

Belum ada Komentar untuk "Dikbud Lotim Bantah Intervensi Sekolah Terkait Pengadaan Barang dan Jasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel