Beri Klarifikasi, Pemda KLU Bantah Rumah Bupati dan Wabup Digeledah Polda NTB

Ket. Foto: Rumah Dinas Bupati Lombok Utara di Menggala Pemenang Lombok Utara (tampak depan)
Lombok Utara, GL_ Sebelumnya beredar berita sejumlah media yang memberitakan Tim Subdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda NTB menggeledah rumah pribadi Bupati dan Wabup Kabupaten Lombok Utara (KLU) pada Jum'at (8/11/2019) lalu. Pasalnya, rumah pribadi orang nomor satu dan nomor dua di KLU tersebut disewa Pemda untuk dijadikan rumah Dinas (Rumdis).

Anggaran yang digelontorkan untuk sewa dan pemeliharaan rumah pribadi menjadi rumdis itu diduga sebagai penyimpangan serta pemborosan anggaran daerah.

Terkait hal tersebut, Pemda KLU melalui Bagian Humas dan Protokol Setda KLU membantah kedatangan anggota Polda NTB itu sebagai penggeledahan. Menurutnya, kedatangan anggota Ditreskrimsus Polda NTB ke rumah Bupati dan Wabup KLU untuk keperluan pengembangan dan pengumpulan bahan keterangan.

“Bahwa benar adanya pemanggilan untuk dimintai keterangan terhadap para pihak terkait perihal sewa Rumah Dinas Bupati dan Wakil Bupati Lombok Utara oleh Tim Ditreskrimsus Polda NTB pada tanggal 7 November 2019,” ungkap Kabag Humas dan Protokol Setda KLU, Mujaddid Muhas, M.A., dalam keterangan klarifikasi tertulisnya, Selasa (12/11/2019).

Dikatakannya, adapun untuk keperluan pengembangan dan pengumpulan bahan keterangan, Tim Ditreskrimsus Polda NTB melakukan penelusuran langsung ke Rumah Dinas Bupati dan Wakil Bupati Lombok Utara pada tanggal 8 November 2019, guna pencocokan keterangan.

“Bukan penggeledahan, sebagaimana dilansir beberapa media sebelumnya, terkait tindak lanjut keterangan dari para pihak yang dimintai keterangan,” tandasnya.

Menurut Mujaddid, anggaran sewa Rumah Dinas Bupati dan Wakil Bupati, sesuai dengan regulasi Permendagri No. 37 tahun 2010 dan Perda No. 1 tahun 2014. Kendati demikian, Mujaddid tidak memberikan penjelasan terkait besarnya uang negara yang digelontorkan untuk sewa dan pemeliharaan rumah pribadi menjadi rumah dinas tersebut. (GL/Red)

Belum ada Komentar untuk "Beri Klarifikasi, Pemda KLU Bantah Rumah Bupati dan Wabup Digeledah Polda NTB"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel