Sebentar Lagi Desa Sintung Punya Objek Wisata Alam Baru, Ada Goa dan Air Terjun

Lombok Tengah, GL_ Desa Sintung, Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah, provinsi NTB sebentar lagi akan membuat kejutan. Sebuah objek wisata alam baru kini mulai digagas dan akan diresmikan dalam waktu dekat. Tak tanggung-tanggung, semua potensi sumber daya dikerahkan secara maksimal untuk mewujudkan impian memiliki objek wisata alam bernama Taman Wisata Tibu Gaong tersebut.

“Kita punya goa dan akan dibuatkan air terjun. Airnya dari sungai di atas,” ungkap Kades Sintung, Herman, saat ditemui gemalombok.com, saat bergotong royong bersih-bersih dan menata objek wisata alam di sungai Dusun Pidade, Sabtu (12/10/2019).

Keindahan alam Desa ini akan disulap menjadi sebuah objek wisata alam yang memiliki keunikan tersendiri. Berbagai fasilitas akan dilengkapi seperti toilet umum, musholla, serta berugak (pergola) sebagai tempat beristirahat dan bersantai para pengunjung.

Pantauan jurnalis media ini Sabtu (12/10/2019) sore. Kendati musim kemarau panjang melanda Pulau Lombok dalam beberapa bulan terakhir, namun air sungai di dusun Pidade Desa Sintung tetap mengalir deras dan jernih. Cuaca panas serasa lenyap ketika mengunjungi lokasi yang akan dijadikan objek wisata alam baru ini. Nuansa nyaman dan damai sangat terasa menyelimuti lokasi ini.

Sungai Dusun Pidade yang akan menjadi Taman Wisata Tibu Gaong ini terletak sekitar 500 meter disebelah timur Desa Sintung. Bongkahan batu alam berjejer di sepanjang sungai yang menyuguhkan nuansa alami Desa ini. Tebing-tebing batu cadas nampak kokoh melindungi bibir sungai tersebut.

Keindahan alam menjadi daya tarik sendiri bagi Desa yang bisa ditempuh sekitar 20 menit dari ibu Kota Mataram itu. Alamnya yang asri melengkapi keindahan panorama alam yang di kelilingi areal persawahan dan kebun ladang warga.

Di dalam areal Objek wisata ini rencananya akan dibuat wahana bermain, seperti Water boom, flying fox, dan jalur bersepeda (goes) sepanjang 3 km yang membentang di tengah hamparan sawah warga. Selain itu pemdes setempat akan membuat rumah pohon, musholla, mandi lumpur, serta arung jeram. “Sudah ada gambar perencanaannya,” kata Herman.

Di balik keindahan alam Taman Wisata Tibu Gaong ini dijelaskan Herman, ternyata menyimpan sejumlah cerita sejarah masa lalu Desa tersebut.

“Batu pecumbu dan goa perjanjian, serta pemandian jodoh,” tutur Kades.

Batu pecumbu misalnya, dalam istilah setempat berarti ‘merenung’, karena lokasinya yang tenang, tentram, damai, dan nyaman dan di kelilingi aliran sungai di tengah sawah tempat merenung atau mencari aspirasi para kesatria Lombok jaman dulu.

Goa perjanjian, goa ini terletak di atas aliran sungai tempat pertemuan para tokoh adat Sasak jaman dulu. Di dalam goa ini para tokoh membuat semacam perjanjian serta membangun strategi. “Bagaimana membangun strategi perang untuk menguasai kewilayahan. Selain itu ditempat ini juga setiap perjanjian yang dibuat para tokoh harus dilaksanakan,” dijelaskan Saridin, ketua kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Pemandian Ratu, lanjut Saridin, yakni lokasi pemandian yang dipercayai masyarakat setempat sebagai tempat pemandian para ratu kerajaan Lombok zaman dahulu. Air sungainya yang jernih, dan dingin serta dihiasi batu alam konon menjadi tempat yang disukai oleh para ratu.

Warga setempat juga sangat ramah dan bersahabat. Salah satunya terlihat dari sambutannya kepada wartawan yang berkunjung ke lokasi itu. Sajian kelapa muda tiba-tiba disuguhkan para pemuda kepada awak media meski tidak dipesan sebelumnya.(GL/red)

Belum ada Komentar untuk "Sebentar Lagi Desa Sintung Punya Objek Wisata Alam Baru, Ada Goa dan Air Terjun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel