Residivis Pelaku Curanmor di Lombok Timur Diringkus Polisi, Begini Cara Mereka Beraksi

Lombok Timur, GL_ Seorang residivis kambuhan yang baru saja keluar bui kembali melakukan aksi kejahatan mencuri sepeda motor korbannya. Aksinya berhasil digagalkan Polisi berkat gerak jalan masyarakat dalam rangka peringatan 17 Agustus kemerdekaan RI beberapa waktu lalu. Seorang pelaku berhasil diringkus Polisi Polres Lombok Timur selasa (8/10/2019) dan terpaksa ditembak karena berontak hendak kabur. Sementara seorang rekan tersangka berhasil kabur dan kini masih diburu petugas.

Kasatreskrim Polres Lotim, AKP I Made Yogi Purusa Utama, menjelaskan, dalam menjalankan aksi kejahatannya, pelaku yang bernama  Nasip alias Amaq Samsul (34 Th) warga Dusun Peras, Desa Kidang, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) ini bersama seorang rekannya berinisial SM yang kini sedang dalam pengejaran petugas.

Kedua pelaku ini menurut Yogi, spesialis pencurian sepeda motor jenis Kawasaki KLX & D-Tracker. Dalam setiap Aksinya pelaku berjumlah dua orang yang berbagi peran. Satu orang berperan sebagai pengawas dan satu orang berperan merusak kunci Kontak Sepeda Motor Korban menggunakan kunci Leter T.

Terungkapnya aksi pelaku oleh Tim Resmob Polres Lotim di back up Polres Loteng berdasarkan dua laporan polisi dari korbannya. Salah seorang korban bernama M. Suarjan Efendi (27 th), seorang Mahasiswa warga  Desa Batu Putik, kecamatan Keruak, Lotim.

Lebih lanjut Yogi menjelaskan, Kronologis pengungkapan aksi pelaku dalam salah satu aksinya di wilayah Pancor Sanggeng, kecamatan Selong Lotim, pelaku Nasip sebagai Joki. Selanjutnya rekan pelaku berinisial SM, merusak kunci kontak sepeda Motor korban kemudian di hidupkan.

Selanjutnya pelaku SM mengendarai motor korban menuju rumahnya, sedangkan pelaku Nasip mengawal rekannya dibelakang. Saat dalam perjalanan di Desa Sakra, Lotim, dua orang anggota Timsus melihat pelaku dengan gelagat mencurigakan mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi kemudian mengejar para pelaku.

“Karena pada saat itu kondisi jalan dalam keadaan macet karena perlombaan gerak jalan HUT RI Pelaku terpojok dan meninggalkan sepeda motor curian dan sepeda motor miliknya dan kabur ke arah sungai palung,” lanjutnya.

Beberapa minggu kemudian dikatakan Yogi, pelaku bersembunyi di seputaran Lombok Tengah hingga saat dilakukan penangkapan.

“Pelaku kami tangkap dirumahnya di Dusun Peras, Desa Kidang, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Loteng. Kemudian dilakukan pengembangan kerumah pelaku SM. Namun saat pengembangan pelaku memberontak hendak melarikan diri sehingga pelaku dilumpuhkan dengan tembakan lurus menembus beris kiri pelaku,” dirincikannya.

Barang bukti yang berhasil diamankan yakni, sebuah Konci Leter T milik pelaku, 1 unit sepeda motor Kawasaki KLX milik korban, 1 unit Honda Vario milik pelaku yang tertinggal saat pengejaran, rekaman CCTV aksi pelaku, serta sebilah parang yang dibawa pelaku saat beraksi.

“Pelaku merupakan Residivis Curanmor dan masih bebas bersyarat dan dalam pengawasan Rutan Praya. Pelaku mengaku melakukan aksinya lebih dari 5 Kali di wilayah Hukum Polres Lotim,” dijelaskan Yogi.

Saat ini Pelaku dan Barang Bukti diamankan di Polres Lotim  guna pengembangan dan  Proses hukum lebih lanjut.(GL/red)

Belum ada Komentar untuk "Residivis Pelaku Curanmor di Lombok Timur Diringkus Polisi, Begini Cara Mereka Beraksi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel