Bupati Lotim: Wapres KH. Ma’ruf Amin dan UU Pesantren Adalah Bonus Hari Santri Nasional

Lombok Timur, GL_ Bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2019, Pemkab Lombok Timur (Lotim) menggelar Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Ikatan Pesantren Indonesia (IPI)  NTB, dan Dewan Pengurus Daerah (DPD) IPI Lotim, di Ball Room Kantor Bupati Lotim, Selasa (22/10/2019). Kegiatan ini dihadiri santri-santri pondok pesantren se- Lotim.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Lotim, H.M. Sukiman Azmy, menyebut bahwa peringatan HSN tahun 2019 ini diganjar dengan bonus yang luar biasa. Bonus tersebut adalah dengan resmi dilantiknya KH. Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presiden, mendampingi Joko Widodo hingga 2024 mendatang.

“Baru saja beberapa hari yang lalu, kita diberikan bonus besar dengan dilantiknya pimpinan pondok pesantren sebagai Wakil Presiden. Hal yang tak pernah terpikirkan di masa lalu,” sebut Sukiman.

Selain itu, telah disahkannya Undang-undang tentang pesantren juga menjadi salah satu bonus yang patut disyukuri. Menurutnya, dengan lahirnya UU tentang Pesantren, merupakan wujud legitimasi peranan pesantren dalam pembangunan Indonesia.

“Terimakasih kepada pimpinan pondok yang dengan kemandiriannya turut berjuang mencerdaskan anak bangsa,” ucap Bupati.

Lebih lanjut, Sukiman memaparkan, dengan keberadaan UU Pesantren merupakan salah satu bentuk payung hukum dalam fasilitasi pesantren.  Terlebih selama ini sangat sulit menemukan unsur pemerintah yang berani menggelontorkan anggaran untuk pesantren karena tidak adanya payung hukum.

“Sebelum adanya UU ini, jarang ada Pemda yang berani memberikan bantuan ke ponpes. Dengan adanya UU ini, maka wajib pemerintah pusat dan daerah memberikan bantuan ke ponpes,” tegas Sukiman.

Sukiman menitipkan harapan kepada pengurus IPI di Pusat dan Daerah, agar memperjuangkan APBN maupun APBD sebesar 20% bagi sektor pendidikan agar dapat tersalurkan juga kepada pesantren. (GL/Ded)

Belum ada Komentar untuk "Bupati Lotim: Wapres KH. Ma’ruf Amin dan UU Pesantren Adalah Bonus Hari Santri Nasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel