Selain Langka Harga Semen di Lotim Juga Meroket, Ini Alasannya Menurut Disperindag

Lombok Timur, GL_ Akhir-akhir ini harga semen di pulau Lombok khususnya di kabupaten Lombok Timur (Lotim) melonjak drastis. Bukan hanya harganya yang meroket, keberadaan semen juga semakin langka di tengah tingginya kebutuhan semen saat ini. Terlebih, saat pulau Lombok sangat membutuhkan semen untuk pembangunan rehab rekon rumah tahan gempa (RTG). Berbagai dugaan pun mencuat.

Disperindag kabupaten Lotim ikut turun menelusuri penyebab langka dan mahalnya harga semen di Lotim. Menurut Disperindag, melonjaknya harga semen belakang ini hingga menembus harga Rp 85 ribu/ Zak disebabkan adanya perbaikan pabrik utama semen di Kalimantan selatan. Selain itu, alasan bongkar muat di pelabuhan menjadi penyebab.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Lotim, Mirza, saat dikonfirmasi via ponselnya, Sabtu (14/9/2019). Kelangkaan dan mahalnya harga semen menurut Mirza, karena kerusakan pabrik utama semen di Kalimantan selatan. Akibatnya, distribusi stock semen ke NTB diambil dari Jawa Barat.

“Selain itu, terhadap bongkaran semen juga mengalami keterlambatan di Pelabuhan Lembar dikarenakan adanya bongkar muat tembakau dan juga ada peningkatan bongkaran lainnya" jelas Mirza.

Ditambahnkannya, Disprindag Lotim belum berani memastikan sampai kapan kelangkaan semen ini akan berlangsung.

"Kami di Lotim hanya berkoordinasi dengan Prindag Provinsi saja. Namun demikian, ada informasi bahwa Satgas Polda NTB sudah turun menyikapi hal tersebut,” tandasnya, sembari berharap melonjaknya harga semen di Lotim bisa segera tertangani.

Ditanya, apakah ada rencana untuk melakukan bongkar muat melalui Pelabuhan Labuhan Haji Lotim, Mirza tidak bisa memastikan karena alasan kapasitas Kapal.

“Tidak bisa dilakukan pembongkaran semen disana (Pelabuhan Labuhan Haji) mengingat kapasitas kapal cukup besar. Bongkar muat harus dilakukan di Pelabuhan lembar saja. Selain itu Gudang perusahaan semen itu rata-rata ada di Mataram,” jawabnya singkat.(red)

Belum ada Komentar untuk "Selain Langka Harga Semen di Lotim Juga Meroket, Ini Alasannya Menurut Disperindag"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel