Rumah Produksi Kakao KLU Mulai Dibangun, Diharapkan Beri Nilai Tambah Bagi Petaninya

Gangga, GL_ Dua proyek percontohan Inkubasi Inovasi Desa-Program Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) dari Direktorat Pengembangan Usaha Ekonomi Desa, Pengembangan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun 2019 kini tengah dibangun di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Dua proyek itu yakni Rumah Produksi Kakao di Desa Genggelang dan Gudang Pengolahan Kelapa menjadi Minyak di Desa Sokong.

Setelah peletakan batu pertama gudang pengolahan kelapa menjadi minyak pada pekan lalu, Senin (2/9/2019) kembali Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH, MH., melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Produksi Lantai Jemur dan Gudang Penyimpanan Kakao di Dusun Senara Desa Genggelang.

Dikatakan Bupati, dari awal dirinya telah melirik salah satu komoditi unggulan Kakao di Lombok Utara. Menurutnya, jika tidak berupaya untuk dikembangkan, komoditi unggulan ini tidak akan memiliki nilai tambah. Agar memiliki nilai tambah diperlukan inovasi dan teknologi.

"Provinsi NTB menempatkan Lombok Utara sebagai penyangga kebutuhan Kakao nasional. Ini artinya potensi Kakao di KLU besar sekali. Kalau dulu kita jual gelondongan sekarang dengan adanya rumah produksi ini harapannya tentu, produksi dan olahan bisa mempunyai nilai tambah," tuturnya.

Selain itu menurut Najmul, memperkenalkan ke luar daerah maupun keluar negeri jika Lombok Utara memiliki produk Kakao unggulan perlu dilakukan.

"Saya harap dinas terkait membekali kawan-kawan penggerak desa dengan konsultan yang bisa membangun kreativitas. Karena produk kita harus seirama dengan kebutuhan pasar. Kreativitas proses bahan mentah menjadi siap konsumsi," harapnya.

Sejumlah pihak turut hadir pada peletakan batu pertama itu, diantaranya Anggota DPRD Hakamah, A. Md.Agr, Kadis Kominfo H. Muhammad, S.Pd., Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian  Ir. Nanang Matalatta, Sekdis Perindagkop H. Yek Bakar, S.IP., Kepala Bagian Ekonomi Setda KLU Ir. Moch. Wahyu Darmawan, M.Si, Camat Gangga Suhadi, S. Sos. Pjs Kades Genggelang Ni Nyoman Kartini, dan tamu undangan lainnya.(GL/Humaspro)

Belum ada Komentar untuk "Rumah Produksi Kakao KLU Mulai Dibangun, Diharapkan Beri Nilai Tambah Bagi Petaninya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel