Pemda Lotim Bentuk Tim Untuk Menyikapi Keluhan Petani Tembakau

Lombok Timur, GL_ Para Petani tembakau di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) -NTB sepertinya sudah bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya, keluhan Petani tembakau swadaya selama ini terkait sulitnya pemasaran tembakau hasil produksi kini telah menemukan jawaban. Pemerintah daerah (Pemda) Lotim telah membentuk tim dari berbagai unsur untuk merumuskan solusi bagi permasalahan petani tembakau.

Pertemuan antara para petani dengan perusahaan/ gudang tembakau yang beroperasi di Lotim ditenggarai Wakil Bupati, H. Rumaksi SJ, SH., Jum'at (20/9/2019). Langkah ini sengaja diambil Pemda Lotim sebagai upaya menyikapi keluhan petani tembakau swadaya terkait sulitnya pemasaran tembakau hasil produksi mereka.

Dalam pertemuan itu, dihadiri Dinas Pertanian, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI), serta dari unsur Kepolisian. Wabup memutuskan untuk membentuk Tim yang akan merumuskan solusi terkait permasalahan petani swadaya. Tim ini akan mencari solusi yang menguntungkan kedua belah pihak, yakni antara Petani tembakau dengan Pengusaha. Baik dengan hasil produksi petani, maupun pembelian oleh perusahaan.

"Tim ini harus mampu menemukan titik temu antara produksi tembakau petani swadaya, dan kesanggupan perusahaan untuk menampung atau menyerap hasil produksi," pinta Wabup.

Faktor rencana kenaikan cukai tembakau dikatakan Rumaksi, disebut sebagai penyebab kekhawatiran perusahaan dalam membeli hasil produksi petani. Sehingga, perusahaan lebih berhati-hati dalam menetapkan target serapan tembakau. Sementara, tingginya animo petani swadaya dalam menanam tembakau berbanding terbalik dengan kebutuhan perusahaan. Belum lagi, tembakau hasil produksi petani swadaya dinilai berkualitas rendah.

"Tim ini akan menjaga keseimbangan iklim usaha tembakau di Lombok Timur. Bila petani terus menerus tidak mendapat kepastian usaha, minat menanam tembakau melemah, tentu berdampak pada penurunan produksi. Ini dapat merugikan perusahaan juga," ucap Rumaksi. (GL/Ded/Hum)

Belum ada Komentar untuk "Pemda Lotim Bentuk Tim Untuk Menyikapi Keluhan Petani Tembakau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel