Pegunungan Gindi dan Tambana Asakota Terbakar, Lagi-Lagi TNI Sigap ‘Bergumul’ dengan Api

Bima, GL_ Kebakaran hutan melanda pegunungan Gindi dan Tambana, kelurahan Jatiwangi, kecamatan Asakota Bima NTB, Senin (9/9/2019). Pasukan TNI dari Kodim 1608/Bima bersama Kompi Senapan A Yonif 742/SWY bergerak cepat memadamkan si jago merah yang tengah membara. Sekitar 10 hektar kawasan hutan tersebut dilalap api akibat sengatan panas matahari musim kemarau.

Insiden terbakarnya hutan pegunungan Gindi dan Tambana Asakota itu dibenarkan Dandim 1608/Bima, Letnan Kolonel Inf Bambang Kurnia Eka Putra. Berdasarkan laporan yang diterimanya, Bambang menuturkan, titik hotspot api berasal dari pengunungan Gindi. Api cepat membesar dibawa angin merembet ke pegunungan tambana membakar tumbuhan dan semak kering. Awalnya prajurit TNI berusaha keras memadamkan api dengan alat seadanya hingga akhirnya pihak pemadam kebakaran (Damkar) tiba.

"Alhamdulillah, setelah melakukan koordinasi dengan Dinas Damkar, akhirnya datang unit mobil Damkar untuk membantu memadamkan api," kata Bambang.

Ditambahkannya, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.00 Wita. Kendati demikian, untuk antisipasi kebakatan susulan, sebuah mobil Damkar masih stand by di lokasi.

Bambang tak bosan-bosan mengharapkan agar masyarakat tetap waspada dengan kondisi musim kemarau saat ini. Terutama yang berkaitan dengan pembakaran baik sampah maupun membuang puntung rokok yang bukan pada tempatnya.(GL/Pen)

Belum ada Komentar untuk "Pegunungan Gindi dan Tambana Asakota Terbakar, Lagi-Lagi TNI Sigap ‘Bergumul’ dengan Api "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel