Melihat Lebih Dekat Warung Bakso Kades Satu Milyar Desa Jeringo Lombok

Lombok Barat, GL_ “Warung Bakso Kades Satu Milyar”. Namanya cukup menggelitik memang, namun demikianlah adanya. Warung kuliner bakso yang ada di Desa Jeringo, Kabupaten Lombok Barat NTB ini dibuat untuk mengenang musibah gempa yang menimpa pulau Lombok NTB, setahun lalu. Sekaligus mengabadikan julukan Kades Satu Milyar bagi sang Kades, Sahril, yang mengaku telah mendapat dana bantuan gempa hingga bermilyar-milyar rupiah.

Pantauan gemalombok.com, Sabtu (21/9/2019) siang. Memasuki kawasan Desa Jeringo, sisa-sisa puing reruntuhan masih terlihat menyambut kedatangan kami ke salah satu Desa terparah terdampak gempa Lombok ini. Meski jumlah puing reruntuhannya tak sebanyak ketika baru saja terjadi gempa meluluh lantakkan pulau Seribu masjid itu sekitar setahun yang lalu. Bangunan rumah-rumah Tahan Gempa (RTG) sudah mulai banyak terlihat sepanjang jalan.

Persis di depan kantor Desa Jeringo, terdapat warung bakso yang masih terlihat sederhana karena belum genap sebulan dibangun. Namanya, ‘Pojok Lumpang Jeringo, Bakso Kades satu Milyar. Kalau Tidak Enak Jangan Bayar'.

Penasaran, kami akhirnya memesan Semangkuk bakso Kades Satu milyar tersebut. Saat dihidangkan, tampilannya memang mirip porsi hidangan bakso pada umumnya. Namun setelah dicicipi, rasa gurih kuahnya sangat terasa. Ditambah lagi aroma rempah yang begitu khas. Tekstur baksonya juga lembut, empuk dan enak. Lezat dan nikmat.

Bahan daging yang digunakan untuk membuat bakso Satu Milyar ini ternyata menggunakan daging sapi berkualitas nomor satu, yang dijamin kualitas dan kuantitasnya. Racikan bumbu dan rempah-rempahnya dibuat sendiri secara manual tanpa mesin penggiling. Hanya dagingnya yang digiling di tempat penggilingan.

“Kami tidak menjual harga tapi menjual rasa. Semua alami. Seratus persen halal walaupun kami belum memiliki predikat halal tapi kami berani pastikan semua halal,” tutur Kades Jeringo, Sahril, yang sengaja menemui kami di warung bakso Kades Satu Milyar itu.

Kendati belum terlalu banyak, menu-menu yang ditawarkan pun terbilang unik, karena nama-nama hidangannya mengingatkan setiap pengunjung pada musibah gempa Lombok beberapa waktu lalu. Ada menu nasi goreng maiq meres, soto ceker ayam gempa, soto sedap lindur, pelecing kangkung 7 SR, Es telaga singkur, serta aneka jus trauma, dan tentu saja, menu Bakso Kades Satu Milyar. Harganya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp 5 ribu sampai yang paling tinggi hanya Rp 12 ribu.

“Semua ini terinspirasi karena kami adalah korban gempa ingin bangkit dari rasa trauma itu. Kami ingin mengabadikan apa yang kami rasakan dalam bentuk makanan,” dijelaskan Sahril. Ia juga mengatakan, pembuatan warung kuliner ini belum berorientasi pada keuntungan. Pemenuhan gizi masyarakat masih menjadi fokus utamanya.

Selain bakso, Menu gratis buka bersama bagi masyarakat yang berpuasa sunat senin-kamis juga disiapkan di warung Bakso Kades Satu Milyar ini. Tujuannya, cukup membanggakan, yakni selain memenuhi gizi masyarakat secara gratis, juga sebagai bentuk syiar agama agar masyarakat tertarik untuk menjalankan puasa senin-kamis.

“Untuk tidak mengurangi rasa rasa hormat kami bukan untuk pamer, tapi kami ingin mensyiarkan supaya banyak komunitas yang mengikuti. Alhamdulillah kebetulan saya juga melaksanakan puasa sunat ini semenjak pasca gempa. Sehingga kita puasa sunat sampai hari ini,” ungkap Sahril.

Menurut Sahril, menu buka puasa gratis memang  tidak seberapa. Tapi nilai kebersamaan dan silaturrahminya yang diutamakan. Sahril mengaku, sebagai Kades, dia sendiri yang akan menjamu setiap warga yang berbuka puasa di tempat itu.

“Menu apapun yang dia pesan semuanya gratis. Meskipun kami daerah pelosok, tapi ingin kami buktikan bahwa Desa itu juga mempunyai inovasi tidak jauh beda dengan yang di perkotaan,” pungkas pria yang pernah menjadi Supir Angkot dan Supir Taxi ini.(GL/red)

Belum ada Komentar untuk "Melihat Lebih Dekat Warung Bakso Kades Satu Milyar Desa Jeringo Lombok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel