Demo Mahasiswa Lombok Timur Juga Menolak RUU KUHP dan Revisi UU KPK

Lombok Timur,GL_ Ratusan Mahasiswa di Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Selasa (24/9/2019) turun ke jalan menolak RUU KUHP dan Revisi UU KPK yang kini tengah benyak menuai kontroversi. Namun sayang, Aksi ratusan mahasiswa Universitas Gunung Rinjani (UGR) ini terpaksa menelan kekecewaan karena tidak satupun anggota DPRD Lotim yang menemui dan mendengar aspirasi mereka. Menurut informasi, para senator Lotim itu, tengah berada di Mataram melaksanakan Bimtek.

Pantauan gemalombok.com, aksi unjuk rasa Mahasiswa yang sebagian besar mengenakan almamater biru itu dimulai dari perempatan Taman Kota Selong, kemudian melakukan longmarch menuju kantor DPRD Lombok Timur.

Dalam orasinya, masa aksi menyebut banyaknya kemunduran di usia Reformasi yang telah mencapai 21 tahun ini. Pemerintah bersama DPR dinilai telah melahirkan kebijakan-kebijakan yang tidak sejalan dengan agenda Reformasi.

“Terlebih adanya upaya Revisi UU KPK, RUU KUHP, RUU Permasyarakatan, menjadi pukulan besar bagi cita-cita Reformasi,” seru salah seorang orator dalam orasinya.

Oleh sebab itu masa aksi mendesak agar DPRD Lombok Timur turut bersuara menolak RUU kontroversial tersebut.

"Kami mendesak, agar DPRD Lombok Timur bersama seluruh elemen masyarakat, mahasiswa, dan OKP untuk mendeklarasikan penolakan pengesahan RUU KPK, dan RUU KUHP," ucap Presiden Mahasiswa UGR, Yuda Mediasandi.

Adanya dewan pengawas dinilai akan mengacam independensi KPK, sehingga ruang gerak KPK dalam memerangi korupsi menjadi lebih sempit.

"Yang sangat mengecewakan kami adalah, hilangnya marwah keindependensi KPK. Dengan adanya dewan pengawas, yang berkoordinasi dengan Pemerintah pusat," tegasnya.

Dalam aksi yang digelar bertepatan dengan momentum Hari Tani Nasional ini, masa aksi juga menyoroti berbagai persoalan agraria yang ada di Lombok Timur.

"Masih banyak petani yang di intimidasi oleh perusahaan-perusahaan, yang masih beroperasi meskipun izin operasionalnya sudah habis," ungkapnya.

Setelah berorasi di depan gedung DPRD Lombok Timur, masa aksi kemudian bergerak ke kantor Bupati dan Dinas Pertanian Lombok Timur.(GL/Ded)

Belum ada Komentar untuk "Demo Mahasiswa Lombok Timur Juga Menolak RUU KUHP dan Revisi UU KPK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel