Urus Ijin BPOM Semakin Mudah, Peredaran Kosmetik Ilegal Semakin Marak Ditengah Geliat Pasar Bebas ASEAN

Mataram, GL_ Geliat pasar bebas ASEAN semakin kuat. Produk dari berbagai negara bersaing ketat dengan produk milik anak negeri. Tidak jarang produk ilegal yang berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan manusia ikut bergentayangan dan bercokol di toko, pasar-pasar, dan pusat-pusat perbelanjaan.

Di Indonesia, ditengah ketatnya persaingan antara distributor di dalam dan luar negeri justru pengurusan ijin edar dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) semakin mudah. Situasi ironis ini memberi peluang yang sangat besar bagi beredarnya produk-produk ilegal terutama kosmetik yang bisa berdampak fatal bagi kehidupan manusia.

Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BB POM) NTB, Dra. Ni GAN Suarningsih, Apt.MH., kepada gemalombok.com, Jumat (23/8/2019), mengatakan, pasar bebas ASEAN mulai berlangsung sejak tahun 2011 lalu. Sebelum pasar bebas, pengajuan registrasi produk-produk termasuk kosmetik yang akan beredar di pasar lebih sulit dibanding sekarang karna harus melalui proses uji laboratorium (lab).

“Sekarang ajukan kosmetik tidak perlu uji lab. Cukup ajukan dokumen, lampirkan daftar bahan-bahan produk ke BPOM untuk registrasi, akan dicek bahan di dokumen, jika bahan direkomendasikan maka ijin keluar,” beber Suarningsih.

Suarningsih juga tidak menampik, dengan kelonggaran kemudahan pengurusan ijin ini peluang beredarnya produk ilegal semakin besar.

Kendati proses ijin semakin mudah namun menurut Suarningsih, BPOM akan semakin gencar melakukan pengawasan dan pembinaan secara rutin. Jika ditemukan produk tanpa ijin edar di pasaran maka akan dilakukan tindakan mulai dari penyitaan hingga ke proses hukum (prostusia).

Ditambahkannya, hingga Agustus 2019 ini BPOM NTB telah menangani 9 (sembilan) kasus yang berkaitan dengan produk ilegal tanpa ijin edar. Dua kasus telah masuk tahap persidangan. Barang bukti (BB) yang disita petugas terbilang berjumlah cukup besar.

Produk-produk ilegal tersebut di produksi di dalam dan luar negeri termasuk dari negara China. “Kebanyakan home industri. Yang kita sasar biasanya distributor yang telah diberi pembinaan oleh BPOM,” pungkasnya.(GL/red)

Belum ada Komentar untuk "Urus Ijin BPOM Semakin Mudah, Peredaran Kosmetik Ilegal Semakin Marak Ditengah Geliat Pasar Bebas ASEAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel