Tiga Orang Spesialis Pencuri Mobil Ditangkap Polisi di Lotim, Terungkap Penadahnya Ada di Mataram

Lombok Timur GL_ Tim Khusus Satreskrim Polres Lombok Timur berhasil mengungkap tindak pidana Pencurian Mobil (Curanbil), baik Roda 4 (R4), maupun roda 6 (R6). Pelaku yang diringkus sebanyak 3 orang beserta 6 barang bukti (BB), diantaranya 2 pickup  dan 1 unit dam truck hasil curian yang telah di rubah nomer rangka (noka) dan nomer mesin  (nosin) nya.

Dalam menjalankan aksinya, para pelaku terbilang lihai dan cepat. Bagaimana tidak, hanya dala jangka waktu empat menit saja mobil milik korban berhasil dibobol dan dibawa kabur. Modus aksi para pelaku yakni terlebih dulu menerima pesanan dari penadah terkait spesifikasi kendaraan berdasarkan kelengkapan dokumen kendaraan seperti BPKB dan STNK yang di miliki oleh penadah.

Kendaraan hasil curian tersebut, kemudian dijual dengan harga Rp. 35 juta untuk dam truck, sedangkan pickup Rp. 10 juta.

"Pelaku bekerja atas dasar permintaan unit dari penadah yang berdomisili di wilayah Mataram. Intinya dokumen ini asli, baik BPKB maupun STNK. Tapi, mereka mencari atau memetik kendaraan. Setelah itu, dirubah dengan noka nosin yang tertera di BPKB dan STNK. Lalu, diperjual belikan," ungkap Kasat Reskrim Polres Lotim, AKP. I Made Yogi Purusa Utama dalam jumpa pers bersama awak media di Lotim, kamis (8/8/2019).

Sementara itu, untuk mengetahui sumber surat kendaraan asli yang dimiliki pelaku, Polisi masih memburu penadah yang berdomisili di kawasan Karang Taliwang, Kota Mataram.

Identitas Penadah berinisial AN, diduga merupakan jaringan Curanbil R4 dan R6 antar wilayah. Polisi mengaku telah melakukan penggerebekan terhadap gudang milik penadah, yang ditengarai sebagai lokasi pembuatan noka dan nosin.

"DPO untuk 3 orang telah di terbitkan. Baik untuk pemetik, perantara, dan penadah," jelas Yogi.

Polisi telah menyerahkan kunci kendaraan secara simbolik kepada korban atau pelapor pemilik mobil dam truck. "Kami juga mengundang pihak pelapor, pemilik dam truck. Hari ini kami serahkan dam truknya, dengan proses pinjam pakai nantinya," lanjutnya.

Yogi juga menghimbau masyarakat agar lebih waspada dalam memarkir kendaraannya. Memberlakukan kunci pengamanan ganda, atau melengkapi kendaraan dengan GPS untuk mempermudah dalam melacak kendaraan yang hilang.(GL/Ded)

Belum ada Komentar untuk "Tiga Orang Spesialis Pencuri Mobil Ditangkap Polisi di Lotim, Terungkap Penadahnya Ada di Mataram"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel