Selain Merusak Ginjal dan Hati, Cream Pemutih Ini Bisa Bikin Kulit Hitam Permanen Jika Tak Cermat

Mataram, GL_ Setiap orang, terutama kaum wanita ingin memiliki kulit sehat dan putih. Berbagai cara dilakukan untuk mewujudkan keinginan tersebut, salah satunya menggunakan cream pemutih. Tapi perlu kita sadari, produk kosmetik cream pemutih ini justru bisa berbahaya bagi tubuh manusia jika tidak cermat dalam memilih produk.

Tidak sedikit kandungan zat-zat kimia yang terdapat dalam cream pemutih yang bisa merusak organ dalam tubuh manusia, terutama ginjal dan hati (lever), bahkan bisa merenggut nyawa. Alih-alih membuat kulit putih, cream pemutih yang mengandung zat bahaya tersebut justru bisa membuat kulit hitam permanen.

Hal itu disampaikan Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Mataram, Dra. Ni GAN Suarningsih, Apt.MH., kepada gemalombok.com, Jumat (23/8/2019). Dijelaskannya, cream pemutih yang berbahaya bagi tubuh manusia biasanya mengandung zat mercury serta zat-zat kimia berbahaya lainnya.

Biasanya produk-produk cream pemutih semacam itu tidak terdaftar di BPOM atau peredarannya terbilang ilegal. Jika terindikasi mengandung mercury saat diregistrasi maka produk cream pemutih tersebut akan ditolak oleh BPOM.

“Karena ini ilegal maka akan dimusnahkan. Senyawa mercury kelihatan bisa membuat putih dalam waktu singkat, tapi bila meresap kedalam pori kulit maka akan mempengaruhi organ vital. Bisa menumpuk di ginjal dan akan menyebabkan kerusakan ginjal dan lever,” ungkap Suarningsih.

Ia menambahkan, ciri-ciri cream pemutih yang mengandung zat mercury serta zat kimia berbahaya yakni biasanya jika digunakan akan bisa membuat kulit putih dalam waktu 2-3 hari. Namun, jika kulit terkena paparan sinar matahari akan cepat berwarna merah dan lama kelamaan menjadi hitam mengkilat. Parahnya lagi akan menimbulkan bercak-bercak hitam pada kulit.

“Putihnya tidak bisa kembali karena kulit berplak hitam permanen,” tandas Suarningsih.

Kendati demikian, Suarningsih juga memberikan tips bagaimana cara agar terhindar dari produk cream pemutih berbahaya.

“Selalu gunakan produk ternotivikasi berbadan pom. Biasanya no notifikasi tertera di label kosmetik. Atau bisa dicek di website BPOM atau mendownload aplikasi BPOM di Palystore,” beber Suarningsih.

Selain itu, Suarningsih berharap agar masyarakat menjadi konsumen cerdas sebelum membeli atau memilih produk. Pilih produk khususnya kosmetik yang aman, bermanfaat dan bermutu dengan sistem Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kadaluwarsa).(GL/red)

Belum ada Komentar untuk "Selain Merusak Ginjal dan Hati, Cream Pemutih Ini Bisa Bikin Kulit Hitam Permanen Jika Tak Cermat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel