Nenek Pemulung Penyumbang Sapi Kurban Itu Sempat Digigit Anjing, Ternyata Kini Dapat Umrah Gratis

Mataram GL_ Sabtu (10/8/2019) siang itu. Mendung menggelayut malu di langit kota Mataram. Namun cuaca musim kemarau tahun ini terasa cukup panas. Cahaya sang surya siang itu tak mampu dibendung awan kelabu yang menaungi langit ibu kota provinsi NTB itu.

Dari kejauhan, nampak sesosok nenek renta berjalan gontai di jalan Bung Karno kota Mataram. Ia menenteng dua plastik keresek besar berisi penuh botol dan gelas plastik ditangan kanan dan kirinya. Tubuhnya tidak terlalu tinggi dan sudah mulai membungkuk termakan usia. Kendati demikian, senyuman selalu tersungging menghiasi wajah peot nenek itu.

 engenakan kaos biru serta kain sarung batik lusuh berwarna orange seolah memperjelas identitasnya sebagai seorang pemulung. Dengan alas kaki dekil berbalut debu, perempuan tua itu menelusuri jalan berdebu dibawah terik matahari siang.

Perban di tumit kaki kanannya masih terlihat melekat bekas digigit anjing beberapa hari lalu saat ia memulung. Warga sekitar yang kasihan telah membantu membawa nenek tersebut ke puskesmas untuk diobati. Anehnya, sehari setelah diobati nenek pemulung itu langsung keluar memulung seperti orang yang tak pernah sakit.

Iya, dia adalah nenek Sahnun. Perempuan renta yang sehari-harinya bekerja sebagai pemulung yang telah menyumbang 10 juta rupiah untuk membeli sapi kurban. Nenek yang tinggal sebatang kara di bilangan Karang Kemong kota Mataram ini telah “menampar” wajah kebanyakan orang kaya yang belum mampu ikhlas berkurban seperti nenek Sahnun yang setiap hari tidur di emper toko itu.

“ini nek,” ucap seorang warga sembari memberikan 2 buah botol plastik kosong yang dimasukkan kedalam tas plastik yang ditenteng nenek Sahnun. Nenek renta itu hanya tersenyum lalu melanjutkan langkahnya untuk memulung.

Padahal, besok adalah hari yang ditunggu-tunggu umat Muslim seluruh dunia, yakni perayaan hari raya Idul Adha 1440 H, yang merupakan Hari raya terbesar umat Islam. Namun nenek Sahnun tetap bekerja, tetap memulung menelusuri jalan-jalan kota Mataram mencari sampah plastik seperti hari-hari biasa.

Jurnalis media gemalombok.com mencoba mendatangi nenek Sahnun yang singgah di depan salah satu klinik bersalin swasta di jalan Bung Karno.

“Aoq. Lemak (iya. Besok, red),” jawab singkat Nenek Sahnun sambil tersenyum ramah saat ditanya kapan sapi kurbannya akan di sembelih. Gurat semangat nampak jelas diwajah renta yang senantiasa tersenyum itu. Rambutnya yang telah banyak ditumbuhi uban dan tak terurus terlihat coklat berkilau diterpa sinar matahari menunjukkan nenek itu sangat akrab dengan panas terik mentari.

Nenek Sahnun adalah salah satu tunawisma yang tinggal di kota Mataram yang berhati mulia. Ia tidak pernah ingin menjadi beban bagi orang lain. Sosok tua itu telah meberikan pelajaran yang sangat berharga bagi kita. Meski ditengah keterbatasannya, Nenek Sahnun masih berfikir untuk memberikan manfaat bagi orang lain. Ia tidak pernah ingin menjadi beban bagi siapapun. Mulai dari tempat tinggal sampai makan sehari-hari ia seringkali menolak pemberian dari orang lain. Ia tidak ingin dikasihani.

Semangat keikhlasan berkorban nenek Sahnun patut ditiru. Setiap tahun selama 5 tahun terakhir Nenek Sahnun menjadi seorang pemulung ia selalu berkurban di setiap perayaan hari Raya Idul Adha. Tahun-tahun sebelumnya nenek Sahnun selalu menyumbang kambing kurban. Tahun ini nenek yang tak pandai berbahasa Indonesia itu menyumbang seekor sapi.

Kendati sempat menolak, namun Alhamdulillah kini nenek Sahnun dihadiahkan umrah gratis. Allah telah menggerakkan hati seorang pemilik travel swasta untuk memberikan umrah gratis bagi nenek pemulung itu setelah mengetahui berita media tentang pengorbanan dan keikhlasan nenek Sahnun.

November 2019 mendatang insyaAllah nenek Sahnun dipanggil Allah akan berangkat umrah ke tanah suci Mekah.

Terimaksih Nenek Sahnun, telah memberikan pelajaran dan contoh yang sangat mulia bagi kami.(GL01)

Belum ada Komentar untuk "Nenek Pemulung Penyumbang Sapi Kurban Itu Sempat Digigit Anjing, Ternyata Kini Dapat Umrah Gratis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel