Giliran Polres Lotim, Ini 5 Indikator Yang Disasar Pada Survey Tingkat Kepercayaan Terhadap Polri di NTB

Lombok Timur GL_ Kegiatan Survey terhadap tingkat kepercayaan masyarakat kepada Kepolisian Indonesia di wilayah hukum Polda NTB, kamis (15/8/2019) hari ini tiba giliran Polres Lombok Timur (Lotim). Survey dan supervisi kali ini merupakan yang terakhir untuk Polda NTB setelah sebelumnya dimulai dari Polres Mataram, Lobar, Loteng, dan KLU.

Sedikitnya ada lima indikator pengungkit layanan yang dilihat pada Survey tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri tersebut. Diantaranya, bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan kesesuaian (conformance).

Sementara Indikator penelitian dari Puslitbang menggunakan 2 metode, salah satunya yakni survei dilakukan kepada masyarakat yang pernah berhubungan dengan Polisi.

“Contohnya tahanan di rutan Polres, masyarakat yang membuat SIM maupun SKCK,” ungkap Dr. Vita Mayastinasari, SE., M.Si., selaku konsultan dari STIK PTIK dalam sambutannya pada pembukaan penelitian dan supervisi oleh Tim Puslitbang Polri tentang Tingkat Kepercayaan Masyarakat di wilayah Polres Lotim, Kamis (15/8/2019).

Sementara Kapolres Lotim, AKBP Ida Bagus Made Winartha, SIK., saat menyambut tim survey Puslitbang Polri di Polres Lotim menyampaikan, salah satu rangkaian kegiatan hari itu yakni melaksanakan diskusi sekaligus penelitian. “Selanjutnya akan dijelaskan oleh Tim dari Puslitbang Polri,” tandasnya.

Sementara sambutan Ketua Tim Penelitian KBP Drs. Dadang Suwondo menyebutkan, Puslitbang Polri sebagai management intelijen dimana menyajikan hasil penelitian dan pengembangan serta memberikan acuan kepada Kapolri termasuk ketika ada kebijakan yang tidak sesuai di lingkup Polri.

Tujuan penelitian dijelaskan Suwondo, adalah untuk melihat tingkat kepercayaan masyarakat dari 5 fungsi layanan Kepolisian yakni Fungsi Lalu Lintas, Reserse, Intelkam, Binmas serta Sabhara.

Kabid Humas Polda NTB, Kombespol Purnama, SIK., dalam releasenya menyampaikan, usai menggelar diskusi dengan Satuan Fungsi Polres Lotim membahas permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan rutin dan operasi Kepolisian, selanjutnya Tim Puslitbang Polri melaksanakan penilitian dengan sasaran tahanan di rutan Polres Lotim, SPKT Polres Lotim, Kantor Sat Pol PP Lotim, serta Siswa MA Majidiyah NW Majidi.(GL/red)

Belum ada Komentar untuk "Giliran Polres Lotim, Ini 5 Indikator Yang Disasar Pada Survey Tingkat Kepercayaan Terhadap Polri di NTB"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel