Diminta Menjadi Penjamin Penangguhan Penahanan Kades Lingsar, Begini Tanggapan Bupati Lombok Barat

Lombok Barat, GL_ Kamis (22/8/2019) malam sekitar pukul 19.00 Wita, pendopo Bupati Lombok Barat didatangi puluhan orang Warga Desa Lingsar, kabupaten Lombok Barat (Lobar). Kedatangan mereka untuk meminta dukungan kesiapan Bupati sebagai penjamin penangguhan penahanan Sahyan (SY), Kades Lingsar yang kini ditahan Kejari Mataram dalam kasus dugaan korupsi dana CSR PDAM Giri Menang senilai Rp 165 juta.

Menanggapi permintaan warga Desa Lingsar tersebut, Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid, S.Ag., pun menyanggupi dan siap sebagai penjamin.

“Tanpa diminta sebenarnya tadi saya yang pertama menyinggung. Saya siap ikut tandatangan (jadi penjamin),” jawab Bupati saat menemui perwakilan masyarakat Desa Lingsar di aula pendopo Bupati Lobar di Gerung. Kendati demikian lanjut Fauzan, wewenang tetap ada di pihak aparat penegak hukum.

Sebagai kepala daerah ditegaskan Fauzan, dirinya seringkali mengingatkan kepada seluruh jajaran di bawahnya termasuk para Kades agar dalam bekerja selalu mengikuti peraturan.

“Saya selalu sampaikan kepada rekan-rekan Kepala Desa, di pemerintahan itu kita bekerja tidak cukup hanya dengan niat baik. Semua prosedur semua peraturan harus dilalui,” pungkas Fauzan.

Menyinggung upaya permohonan penahanan Kades Lingsar dikatakan Bupati, merupakan hal yang wajar dan legal secara hukum. Kendati keputusan adalah wewenang Kejaksaan selaku aparat hukum, namun Fauzan mengaku yakin Jaksa akan mengabulkan permohonan masyarakat untuk menangguhkan penahanan Kades Lingsar jika mempertimbangan faktor stabilitas daerah khususnya stabilitas Desa Lingsar.

“Saya yakinlah teman teman kejaksaan akan mempertimbangkan. Misalnya, tidak melarikan diri, tidak mengulangi, tidak menghilangkan barang bukti. Apalagi tadi, mempertimbangkan stabilitas,” tandas mantan Ketua KPU NTB itu.(GL/red)

Belum ada Komentar untuk "Diminta Menjadi Penjamin Penangguhan Penahanan Kades Lingsar, Begini Tanggapan Bupati Lombok Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel