Begini Suasana Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1440 H di Lapangan Mapolda NTB

Mataram GL_ Gemuruh Takbir menggema di langit kota Mataram minggu (11/8/2019) pagi itu. Cahaya mentari menyembul di ufuk timur menerpa lapangan Gajah Mada mapolda NTB yang telah mulai ramai di datangi umat Islam dari berbagai penjuru. Hari itu adalah tanggal 10 Dzulhijjah 1440 H dalam kalender Islam yang menandakan saat perayaan hari raya terbesar umat Islam Idul Adha telah tiba.

Lantunan takbir, tahlil dan tahmid memuji kebesaran Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, sayup-sayup menggema merdu dari barisan manusia yang telah mengatur tempat duduknya di barisan shaf yang telah disiapkan panitia di lapangan rumput hijau itu. Hari raya Idul Adha 1440 H yang dipimpin Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS, MM., tersebut, diikuti Ketua Bhayangkari Daerah NTB, dan para Pejabat Utama serta keluarganya. Para anggota polisi dan masyarakat sekitar lingkungan Taman Gajah Mada Taman Sari Ampenan nampak hadir berbondong-bondong kelokasi pelaksanaan shoal Ied itu.

Sholat Idul Adha kali ini diimami oleh Ust. Ahmad Munawir dengan lantunan bacaan ayat sucinya yang menggetarkan hati orang-orang beriman yang mengharap ampunan dan keridho'an sang Pencipta. Smentara yang bertindak sebagai khatib yakni Ust. Ahmad Muzammil Badri.

Seperti khutbah tahun-tahun sebelumnya yang menghimbau umat Islam untuk meniru pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail masih tetap terdengar. “Kita harus mengikuti amalan yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim as. dan Rasulullah Muhammad SAW yang telah mengajarkan umatnya sebagai hamba Tuhan untuk berkorban apa saja,” pesan sang Khatib.

Ditemui awak media usai pelaksanaan sholat Ied, Kapolda NTB, Irjenpol Drs. Nana Sudjana, AS.,MM., mengatakan, Hari raya Idul Adha ini juga disebut hari raya kurban atau atau lebaran haji karena bertepatan dengan pelaksanaan musim haji.

“Ujian (kurban red) terhadap Nabiyallah Ibrahim alaihissalam ini perlu diikuti. Bagaimana kita menauladani berkorban bagi masyarakat, bangsa, negara khususnya agama,” imbuh Jenderal Bintang dua tersebut.

Selanjutnya, para jamaah Idul Adha bergeser ke Masjid Baitussalam Polda NTB untuk memulai penyembelihan hewan kurban. Tampak Kapolda NTB dan Wakapolda memulai Gema Takbir untuk memulai menyembelih Sapi Qurban.

Jumlah hewan yang dikurbankan Polda NTB tahun ini sebanyak 19 ekor Sapi dan 7 ekor kambing. Saat berita ini ditayangkan, proses penyembelihan tengah berlangsung. Rencananya daging-daging hewan kurban tersebut akan dibagikan kepada kaum duafa, fakir miskin, panti asuhan, purnawirawan/warakwuri serta masyarakat sekitar.

“Semoga ibadah dalam Idul Adha ini menambah keimanan dan ketaatan kita kepada Allah Swt,” tutup Sudjana.(GL/red)

Belum ada Komentar untuk "Begini Suasana Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1440 H di Lapangan Mapolda NTB"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel