Bak Raja, Gagahnya Jenderal TNI Bintang Empat Ini Mengenakan Pakaian Adat Suku Sasak Lombok

Lombok Tengah GL_ Kepala Staf TNI AD (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Ketua Umum Persit KCK, Ny. Hetty Andika Perkasa beserta rombongan tiba di Bandara International Lombok (BIL), selasa (6/8/2019) sekitar pukul 14.00 Wita.

Mereka disambut langsung Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Bupati Lombok Tengah (Loteng), H. Suhaili FT., Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP.

Kunjungan agenda kerja Kasad berserta istri dan rombongan ini disambut tarian ucapan selamat datang dengan alunan musik tradisional Gendang Beleq yang dimainkan prajurit TNI Polri.

Setibanya di pulau berjuluk ‘seribu masjid' ini, Kasad diberikan penganugerahan gelar suku Sasak "Pemban Agung Yudhe Negare" yang bermakna pemimpin pembela kedaulatan dan martabat negara baik dari dalam maupun luar negeri. Penyematan gelar diberikan tokoh adat suku Sasak Lombok dengan pemasangan busana tradisional bak Raja-Raja Lombok masa lalu.

Sebuah Sapuq (ikat kepala tradisional Lombok) dipasangkan di kepala Jenderal TNI bintang empat itu oleh Pengerakse Paer Tengak (Penguasa Lombok Tengah) oleh Bupati Lombok Tengah H. Moh. Suhaeli FT. SH., dan penyerahan dan penyematan Keris Dirte Yudhe Ayuningrat oleh Datu Siledendeng H. Lalu Mohammad Patria. Keris pusaka tersebut diselipkan di ikatan sarung tepat ditengah dada khas Raja-Raja Lombok masa lalu.

Pada kesempatan tersebut, Kasad mengaku bangga atas penobatannya sebagai warga bergelar Pengemban Agung Yudhe Negare dan menjadi bagian dari suku Sasak Lombok.

"Saya bangga menjadi warga Sasak. Saya akan simpan baju kebesaran dan pusaka ini mulai sekarang dan selamanya," ujarnya tegas dengan senyum khasnya didampingi istri.(GL/pen)

Belum ada Komentar untuk "Bak Raja, Gagahnya Jenderal TNI Bintang Empat Ini Mengenakan Pakaian Adat Suku Sasak Lombok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel